Home Politik Pilkades Bakal Digelar di 122 Desa, DPRD Pati Turun Gunung

Pilkades Bakal Digelar di 122 Desa, DPRD Pati Turun Gunung

Pati, Gatra.com - Komisi A DPRD Kabupaten Pati memonitor kesiapan daerah yang bakal melangsungkan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2019.  Dalam monitoring tersebut anggota komisi menyambangi dua kecamatan di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Senin (21/10).
 
Pilkades serentak di Pati diikuti sebanyak 122 desa dari 406 desa/kelurahan yang tersebar di 21 kecamatan. Helatan desa itu akan digelar pada 21 Desember mendatang. Kecamatan Juwana tercatat sebagai kecamatan yang paling banyak berpartisipasi dalam pilkades kali ini dengan jumlah sebanyak 21 desa. 
 
"Tadi ada tiga kecamatan yakni Kayen, Margorejo dan Tambakromo. Intinya kita selaku komisi A memastikan kesiapan yang telah dilakukan di sana," ujar Ketua Komisi A DPRD Pati, Bambang Susilo. 
 
Dari hasil monitoring yang dilakukan legislator tidak ditemukan adanya kendala berarti prapilkades, baik terkait kepanitiaan maupun tata tertib. "Rata-rata kendalanya pada anggaran yang telah dipaskan. Ini kita tampung dahulu dan nanti akan kita rapatkan," kata Bambang. 
 
Anggaran pilkades sebelumnya ditetapkan dalam Perbup yakni untuk Anggaran Belanja dan Belanja Daerah (APBD). Besaran anggaran diperkirakan sebesar Rp15 ribu per penduduk. Demikian juga dengan anggaran yang berasal dari APBDes juga sudah diatur di perbup.
 
"Kita akan melakukan peninjauan langsung ke desa-desa untuk menemui panitia penyelenggara," ucapnya.
238