Home Kesehatan Menkes Harap Nusantara Sehat Turunkan Stunting Di Bawah 16%

Menkes Harap Nusantara Sehat Turunkan Stunting Di Bawah 16%

Jakarta, Gatra.com - Menteri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto melepas Tim Nusantara Sehat Batch XIV dan Tugas Khusus Individu Gelombang VIII angkatan XII dan XIII tahun 2019. Ia berharap, Nusantara Sehat bisa menurunkan angka stunting sesuai standar Badan Kesehatan Dunia (WHO) yakni 20%.

"Presiden Jokowi justru sempat menitipkan amanat, agar masyarakat di setiap wilayah yang ditempati oleh Nusantara Sehat bisa turun angka stuntingnya bahkan sampai di bawah 16%. Jadi kita bisa bebas dari stunting," katanya di Gedung Siwabessy Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Jakarta Selatan, Kamis malam (31/10).

Melalui program ini, Nusantara Sehat harus mampu memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dengan promotif preventif yang berbasis pada pendekatan keluarga. "Cara menyampaikannya pun harus yang santun dan sesuai dengan kearifan lokal di sana. Kami di Kemenkes juga akan terus membantu dan memantau," ujarnya.

Baca JugaJadi Menkes, Terawan Akan Perbaiki Masalah Stunting

Selain itu, Terawan juga menegaskan, bahwa bantuan-bantuan kesehatan lainnya juga dijamin oleh Kemenkes. Mulai dari obat-obatan hingga listrik yang menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat yang berada di wilayah terpencil.

"Untuk listrik, kami siap untuk menindaklanjutinya. Ini jadi prioritas untuk masyarakat bisa mendapatkan listprik supaya informasi juga bisa masuk ke sana. Nanti akan saya sampaikan langsung ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)," pungkasnya.

383