Home Politik Besok Kongres, Nasdem Jateng Dukung Surya Paloh Maju Ketum

Besok Kongres, Nasdem Jateng Dukung Surya Paloh Maju Ketum

Semarang, Gatra.com - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Jawa Tengah meminta Surya Paloh untuk maju kembali mencalonkan diri sebagai Ketua Umum periode 2019 sampai 2024.

Sekretaris Partai Nasdem Jateng, Ali Masykur menyatakan, figur Surya Paloh masih dibutuhkan oleh Nasdem. Ide-ide dalam membesarkan partai masih dibutuhkan.

"Surya Paloh memiliki idealisme politik yang relevan untuk partai dan Indonesia. Tidak ada alasan lain bagi Nasdem Jateng untuk tidak mendukung dia," katanya, Kamis (7/10), di Semarang.

Ali meyakini, tak hanya Jateng namun juga semua pengurus wilayah seluruh Indonesia mendukung Surya Paloh maju kembali sebagai ketua umum di Kongres Partai Nasdem di Jakarta, 8 sampai 11 November 2019.

"Kami mohon Pak Ketua Umum bersedia kembali menjadi Ketua Umum Nasdem. Beliau adalah simbol dan daya tarik yang belum ada gantinya di Nasdem," ucapnya.

Selain agenda mengusung kembali Surya Paloh, pada kongres nanti Nasdem Jateng akan membawa misi penguatan penjaringan calon legislatif untuk Pemilu 2024.

"Lebih awal dalam penjaringan para caleg, karena kami ingin Nasdem Jateng masuk empat besar pemenang Pemilu 2024," katanya.

Sementara itu, dalam rilis yang didapat Gatra.com, Partai Nasdem akan menggelar Kongres ke-II sekaligus memperingati HUT ke-8 partai di JI Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, pada 8-11 November 2019.

Dalam kongres Partai Nasdem, selain akan memilih Ketua Umum, juga akan membahas konsolidasi dan transformasi kepengurusan dan kebijakan strategis kepengurusan partai.

"Kongres ke-II merupakan satu event politik Nasdem yang sangat strategis. Kongres dengan materi dasar menginginkan Nasdem menjadi partai yang modern demi kemajuan demokrasi di Indonesia," kata Johnny G Plate, Ketua Steering Committee (SC) Kongres ke-II Partai Nasdem, di Jakarta.

Johnny mengatakan, Kongres ke-II NasDem mengambil tema 'Restorasi untuk Indonesia Maju'. Tema diambil karena sejalan dengan Kabinet Indonesia Maju yang dibentuk Presiden Joko Widodo.

"Ketua umum terpilih memiliki mandat penuh menyusun dan menetapkan kepengurusan Nasdem dari tingkat pusat hingga daerah, mulai dari DPW di tingkat provinsi dan DPD di tingkat kabupaten kota," ujar Johnny.

Dikatakan Johnny, ribuan kader yang ikut dalam kongres akan mengikuti seluruh rangkaian pengambilan keputusan strategis partai, baik di tingkat pleno maupun sidang-sidang komisi.

"Selain penetapan Ketum Nasdem periode 2019-2014 sebagaimana amanat AD-ART. Nasdem juga akan didorong menjadi partai modern sumber rekrutmen yang akan menyediakan politisi-politisi nasional pengkaderan politik nasional," katanya.

317