Home Gaya Hidup Sambut Imlek, Kota Solo Diwarnai 5.000 Lampion

Sambut Imlek, Kota Solo Diwarnai 5.000 Lampion

Solo, Gatra.com – Dalam perayaan Tahun Baru Imlek 2571 kali ini, Kota Solo akan diwarnai dengan 5.000 lampion. Pemasangan lampion akan dipusatkan di kawasan Pasar Gede hingga Balai Kota Solo.

Ketua Panitia Bersama Solo Imlek 2571, Sumartono Hadinoto mengatakan tahun ini ada sebanyak 5.000 lampion yang mewarnai sepanjang ruas jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Urip Sumoharjo. Untuk penyalaannya dilakukan mulai Selasa (13/1) mendatang. Nantinya lampion ini akan menghiasi Kota Solo hingga satu bulan lamanya.

”Awalnya dipasang tanggal 15 Januari, namun akhirnya kami ajukan agar dapat menyemarakkan wisata air di Kali Pepe,” ucap Sumartono pada Sabtu (11/1).

Akan ada lampion besar dengan yang dipasang di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman. Lampion ini nantinya akan dilengkapi dengan neon box dan menggambarkan tentang 12 shio. Tahun 2571 mendatang merupakan tahun shio tikus.

”Jadi nantinya akan dibuat lampion dengan bentuk karakter Mickey Mouse. Namun bukan menyerupai, mungkin kepalanya akan dibedakan,” ucapnya.

Selain pemasangan lampion, akan digelar berbagai kegiatan untuk menyemarakkan Tahun Baru Imlek 2571 mendatang. Gelaran Imlek Festival akan dilakukan 14 hingga 18 Januari 2020 di Solo Paragon Mall. Berbagai macam kegiatan seperti stan kuliner, pertunjukan musik dan semua hal yang bernuansa Mandarin akan ada dalam Imlek Festival ini.

”Nanti juga ada shufa, jadi bisa belajar mengenai seni tulis kaligrafi aksara Cina,” ucap pria yang akrab disapa Martono ini.

Ada pula berbagai macam aksi donor darah, Grebeg Sudiro hingga bakti sosial. ”Penutupnya digelar Perayaan Imlek di Balai Kota Solo pada 8 Februari 2020 mendatang,” ucapnya.

230