Home Kebencanaan Lima Hektar Kebun Sawit di Pasaman Barat Terbakar

Lima Hektar Kebun Sawit di Pasaman Barat Terbakar

Pasaman Barat, Gatra.com - Sekitar lima hektar lahan perkebunan kelapa sawit di Pasaman Barat (Sumbar) terbakar. Lahan yang terbakar tepatnya berada plasma Blok A6 Batang Alin Permai, Jorong Lubuk Juangan, Nagari Sungai Aur. Kebakaran sudah terjadi sejak dua hari lalu. 

Dalam menangani kebakaran itu, tim gabungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pasaman Barat dikerahkan. Termasuk TNI, Polri, dan Pol PP Damkar, juga ikut membantu memadamkan api yang terus menjalar tersebut.

"Tim juga dibantu alat berat untuk membersihkan parit dan melokalisir api agar tidak meluas," kata Kalaksa BPBD Pasaman Barat, Edi Busti, Sabtu (29/2).

Edi menyebutkan, dari keterangan masyarakat setempat kebakaran terjadi sejak Kamis (27/2) sekitar pukul 09.45 WIB. Penyebabnya, diduga karena kelalaian karyawan yang menghidupkan api di bawah pohon sawit. Kemudian api itu menjalar dan kebakaran meluas dihembus angin kencang.

Atas kejadian itu, pihaknya mengimbau agar masyarakat menghindari pembakaran lahan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kebakaran yang lebih besar. Apalagi saat ini musim cuaca panas, kemarau, dan angin kencang sering terjadi di daerah itu.

Sementara Dandim 0305/Pasaman, Letkol Inf Ahmad Aziz menambahkan, pihaknya terus berjibaku menjinakkan api sejak Jumat (28/2) siang dengan alat seadanya. Misalnya menggunakan pelepah sawit, atau memakai ember untuk mengangkut air.

Ia mengatakan, dari laporan anggota Koramil 06 Ujung Gading dan tim lainnya, setidaknya ada tiga titik api di lokasi kebakaran itu. Namun pihaknya belum bisa memastikan penyebab kebakaran, sebab masih butuh penyelidikan lebih lanjut.

Tapi yang jelas petugas harus memastikan dan mengantisipasi agar api tidak tambah meluas dulu, apalagi sumber air cukup jauh, imbuhnya.

276