Home Kesehatan Update Corona Sumbar, 7 Positif, 1 Meninggal, PDP 25

Update Corona Sumbar, 7 Positif, 1 Meninggal, PDP 25

Padang, Gatra.com -  Kasus pandemi corona virus disease (Covid-19) di Sumatra Barat (Sumbar) semakin melonjak naik. Berdasarkan data per hari ini Sabtu (28/3), jumlah pasien positif corona di Sumbar sudah tujuh orang, dan satu diantaranya meninggal dunia. 

Ketua Harian Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Padang, Barlius, Sabtu (28/3) mengatakan, pasien yang meninggal tersebut merupakan warga Kota Padang, yang dinyatakan positif Covid-19 sehari sebelumnya, dan sempat dirawat di Semen Padang Hospital (SPH) Padang.

"Iya betul yang positif, meninggal pukul 10.00 WIB di SPH. Kalau tidak salah perempuan, tapi ini bukan yang tenaga medis," kata Barlius kepada Gatra.com saat dihubungi Sabut (28/3).  

Menurut, keterangan Barlius, saat ini petugas sedang melakukan pemulasaran jenazah sesuai standar operasioanl prosedur (SOP). Jenazah pasien akan dikafani, dimasukkan ke peti kedap udara, disalatkan, dan dibawa ke rumah duka untuk dimakamkan. Dalam artian, peti tersebut tidak boleh dibuka, dan pemakaman juga kemungkinan jauh.

Selain itu, pihaknya dari Gugus Tugas Covid-19 Kota Padang, juga akan memantau proses pemakaman yang dibantuk pihak SPH. Petugas pemakaman juga akan dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD), sedangkan pelayat dan keluarga alhamrumah hanya diperbolehkan mengamati dari jauh.

Sementara itu, berdasarkan laman web resmi Pemerintah Kota Padang, saat ini enam pasien positif Covid-19 yang tersebar dari berbagai daerah masih dirawat. Empat di RSUP M Djamil Padang, dan dua di RSUD Achmad Mochtar Bukittinggi.

Berdasarkan data laman corona.sumbarprov.go.id, jumlah Orang Dalam Pantauan (ODP) saat ini 1.362, dan PDP meningkat menjadi 25 orang dari sebelumnya 23 orang. Kemudian, 33 orang pasien dinyatakan negatif corona, 7 dinyatakan positif, dan 16 orang pasien masih dalam pemeriksaan.

Sebelumnya, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno menyebutkan, dari tujuh pasien yang positif Covid-19 tersebut berdasarkan hasil Laboratorium Universitas Andalas, dan Laboratorium Litbangkes Kemenkes RI. PDP itu, dua di antaranya dari Bukittinggi, satu warga Pesisir Selatan, satu orang Tanah Datar, dan dua warga Kota Padang.

Dengan demikian, masyarakat Sumbar diimbau tidak panik, serta menjaga jarak aman. Selain itu, Pemprov Sumbar juga mengajak masyarakat menjaga kesehatan, menjaga kebersihan, dan tidak menggelar kegiatan keramaian. Tujuannya, agar virus corona tersebut bisa terputus penyebarannya.

"Masyarakat selalu kita imbau, agar tidak melakukan kegiatan keramaian. Bagi perantau, kita minta untuk ditunda dulu pulang ke kampung halaman," imbuh Irwan.

1392