Home Ekonomi Sambut Ramadan, PLN Sumbar Salurkan 5.555 Paket Kebahagiaan

Sambut Ramadan, PLN Sumbar Salurkan 5.555 Paket Kebahagiaan

Padang, Gatra.com - Ribuan paket kebahagiaan dibagikan PT PLN Unit Induk Wilayah Sumatra Barat (Sumbar), melalui Yayasan Baitul Maal (YBM) ke masyarakat terdampak coronavirus disease (Covid-19) di provinsi itu.
 
Setidaknya ada 5.555 paket berisikan sembako senilai Rp1,3 miliar yang disalurkan serentak, oleh Kantor Induk, Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3), Unit Pelaksana Pengatur Distribusi (UP2D), dan seluruh Unit Layanan Pelanggan (ULP) di wilayah kerja PLN Sumbar.
 
Rinciannya, sebanyak 3.755 paket sembako di Kota Padang, Pariaman, Sicincin, Painan dan sekitarnya. Sebanyak 500 paket untuk daerah Payakumbuh dan Limapuluh Kota, 500 paket di Bukittinggi dan Padang Panjang, serta 500 paket untuk daerah Solok, Dharmasraya, dan Muaralabuh.
 
"Sebanyak 300 paket disalurkan ke Kepulauan Mentawai, yakni YBM PLN bersinergi dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan Dompet Dhuafa," kata Ketua YBM PLN UIW Sumbar, Afriman di Padang, Senin (20/4).
 
Dikatakan Afriman, bantuan itu diserahkan manajemen PLN kepada lurah-lurah untuk dibagikan ke rumah warga terdampak. Hal tersebut dilakukan, untuk menghindari kerumunan massa sesuai dengan arahan pemerintah terkait physical distancing.
 
General Manager PLN UIW Sumbar, Bambang Dwiyanto menambahkan, pihaknya memang terniat membantu masyarakat terdampak dalam keadaan genting seperti ini. Setidaknya, agar masyarakat terdampak bisa menyambut Ramadan dengan bahagia.

"Sembako berasal dari dana zakat pegawai PLN. Partisipasi luar biasa dari muzakki PLN UIW Sumbar ingin ikut berperan membahagiakan masyarakat terdampak menyambut Ramadan 1441 H," terangnya.
 
Ia menyebutkan, paket bantuan itu berisikan kebutuhan pokok, seperti beras, minyak, gula, garam, mie instan, bumbu dapur, dan telur. Dengan harapan, bantuan tersebut bisa meringankan beban masyarakat terdampak atau kesulitan secara ekonomi akibat wabah Covid-19.
 
Salah seorang penerima bantuan, Silvia, mengucapkan rasa haru dan bersyukur saat menerima paket sembako dari YBM PLN Sumbar tersebut. Semenjak adanya kasus virus corona di Sumbar, ekonomi keluarganya semakin sulit. Apalagi, dia hanya pedagang kecil.
 
"Kami hanya pedagang kecil, selama wabah corona, orang jarang berbelanja, otomatis penghasilan turun drastis. Terima kasih bantuannya PLN," ucapnya.
 
Diketahui, wabah Covid-19 semakin meluas di Sumbar. Tidak hanya mengancam segi kesehatan, tapi juga berimbas pada kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat, khususnya bagi pekerja harian. Maka itu, PLN Sumbar mengajak masyarakat saling membantu.
 
Selain itu, pihak PLN UIW Sumbar berharap wabah Covid-19 cepat berlalu. Kemudian, sekaligus juga mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadan 1441 H, semoga bisa beribadah dengan khusyuk hingga menuju hari kemenangan Hari Raya Idul Fitri 1441 H nanti.
84