Home Ekonomi Jogja-Solo Bakal Terhubung dari Bandara dan Stasiun

Jogja-Solo Bakal Terhubung dari Bandara dan Stasiun

Solo, Gatra.com – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya melihat kesiapan moda transportasi di Solo dan Yogyakarta dalam mendukung kebijakan new normal yang dicanangkan pemerintah. Apalagi kedua kota ini merupakan pengembangan destinasi untuk mendukung Candi Borobudur sebagai Bali baru.

Dalam kunjungannya di Stasiun Balapan, Solo, Budi Karya mengatakan dirinya melihat kesiapan dua bandara, yakni New Yogyakarta International Airport (NYIA) dan Bandara Adi Soemarmo Solo.

”Tadi saya ke NYIA, disana protokol kesehatan dilakukan secara baik. Ini saya akan melihat kondisi di Adi Soemarmo,”ucap Budi Karya saat ditemui di Stasiun Balapan Solo, Jumat (26/6).

Selain itu Budi Karya juga melihat kesiapan moda trasnportasi lainnya. Dirinya melihat kondisi Stasiun Balapan Solo dan Terminal Tirtonadi.

”Saya lihat kondisi antar moda di Solo dan Yogyakarta lumayan baik. Bisa menjadi contoh daerah lain,”ucapnya.

Terkait dengan transportasi antarmoda, Budi Karya mengatakan bahwa nantinya Solo dan Yogyakarta akan terhubung dari stasiun dan bandara. Untuk NYIA, direncanakan kereta bandara akan selesai pada 2021 mendatang.

”Dengan dihubungkannya transportasi antar moda di Solo dan Yogyakarta ini bisa menjadi contoh bagi kota lainnya,”ucapnya.

Dalam kunjungannya Budi Karya mendatangi beberapa lokasi, mulai dari NYIA, Stasiun Klaten, Stasiun Balapan Solo, Terminal Tirtonadi hingga Bandara Adi Soemarmo.

 

1048