Home Politik Wamendes Minta Jangan Politisasi Pandemi Covid-19

Wamendes Minta Jangan Politisasi Pandemi Covid-19

Jakarta, Gatra.com - Pandemi Corona virus disease 19 atau Covid-19 sudah menjalar ke berbagai permasalahan. Sebab, kini pandemi bukan hanya masalah krisis kesehatan saja, tapi sudah menjadi krisis sosial dan ekonomi hampir di seluruh negara di dunia. Bahkan di beberapa negara, pandemi Covid-19 sudah berubah menjadi krisis politik.

Tidak ingin hal itu terjadi di Indonesia, Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) Budi Arie Setiadi mengimbau agar masyarakat tidak mempolitisasi pandemi Covid-19. Itu karena wabah asal Wuhan, Cina itu merupakan masalah kemanusiaan, bukan masalah politik.

"Karenanya kami menghimbau, sekat-sekat politik ini harus dihilangkan dulu, ini urusannya bukan politik. Ini urusan kanusiaan yang melanda umat manusia di seluruh dunia. Bukan hanya di Indonesia," ujar dia melalui video conference, di Jakarta, Sabtu (27/6).

Sebaliknya, Budi meminta kepada masyarakat untuk menjunjung tinggi persatuan dan semangat gotong-royong, untuk menghadapi wabah virus Corona baru ini. "Ini saatnya solidaritas kita ditigkatkan. Kepedulian sosial ditingkatkan," imbuh dia.

Karena dengan begitu, pandemi Covid-19 bisa diatasi dengan baik dan dapat dihilangkan secepat mungkin dari Indonesia.

Tidak hanya itu, Budi juga menilai, pandemi Covid-19 merupakan ujian tersendiri bagi bangsa Indonesia. Utamnya untuk menunjukkan persatuan dan kesatuan bangsa. "Semua itu berasal dari semangat kita, keinginan kita. Karena tanpa itu semua, nggak mungkin pandemi ini akan berlalu," kata dia.

371