Home Politik Mendagri Tito Karnavian: Medan Sudah New Normal Ya?

Mendagri Tito Karnavian: Medan Sudah New Normal Ya?

Medan, Gatra.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengaku heran melihat Medan dengan segala aktivitasnya di masa pandemi. Bahkan dia sempat mempertanyakan kepada Gubernur Sumatera Utara (Sumut) terkait dengan Medan apakah sudah new normal. 

Hal itu diungkapkan mantan orang nomor satu di Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) tersebut saat silaturahmi bersama sejumlah tokoh agama dan tokoh ada Sumut di Medan, Rabu (2/7). 

Tito Karnavian mengaku kaget melihat aktivitas warga Kota Medan yang ramai ditengah pandemi Corona. "Lama-lama kita sudah mulai paham. Saya kaget begitu masuk ke apa, Medan, masyarakat Medan justru lebih paham lagi,” terangnya. 

AKABRI angkatan 87 tersebut mengatakan bahwa dia kaget melihat aktivitas di Medan. Pasalnya masyarakat Medan sepertinya sudah paham dengan new normal. "”Sudah mulai beradaptasi dengan kenormalan baru. Begitu masuk Medan, saya bisik ke Gubernur, 'Di sini new normal ya?" katanya. 

Tito menuturkan bahwa kenormalan baru harus dilakukan. Karena sampai saat ini belum ditemukan vaksin ataupun obat untuk corona. Bahkan diperkirakan baru bisa ditemukan ditahun 2021. itupun belum tentu dapat menuntaskan kasus corona yang ada saat ini. 

“Mungkin paling cepat ditemukan tahun depan, Covid 19 ini berbeda dengan penyakit yang lain. Ini menyerang semua usia, dari muda sampai usia lanjut, laki-laki dan perempuan tidak dikenal, mau jenderal dan tantaman semua diserang. Artinya dibutuhkan vaksin,” jelasnya. 

Untuk vaksi sendiri dibutuhkan untuk dua pertiga penduduk dunia, yang masing-masing membutuhkan dua ampul vaksin. Pertama untuk vaksin awal dan ketua penguat. Sehingga dibutuhkan 10 miliar vaksin.

1132