Home Politik Andalkan ApSil, KPU Labuhanbatu Kebut Verifikasi Perbaikan

Andalkan ApSil, KPU Labuhanbatu Kebut Verifikasi Perbaikan

Labuhanbatu, Gatra.com - Guna menyelesaikan verifikasi administrasi dan kegandaan dokumen sebagai syarat dukungan perbaikan Pilkada Desember 2020 mendatang melalui jalur Perseorangan atau non partai politik, KPU Labuhanbatu mengandalkan Aplikasi Sistem Pencalonan (ApSil).

Sesuai jadwal, KPU akan menyerahkan berkas dukungan perbaikan yang diserahkan dua bakal calon waktu lalu kepada Panitia Pemugutan Suara (PPS) untuk dilakukan verifikasi faktual tahap kedua, dengan melibatkan tim penghubung di tingkat desa/kelurahan.

Divisi Tekhnis Penyelenggara KPU Labuhanbatu, M Rifai Harahap, mengatakan, dua bapaslon jalur perseorangan menyerahkan dukungan perbaikan pada Senin (27/7) lalu pasca rekapitulasi tahap pertama diketahui masih memiliki kekurangan dukungan sesuai jumlah minimal.

“Sesuai jadwal, besok (Rabu, 4/8) harus selesai proses verifikasi administrasi dan juga temuan kegandaan terkait syarat dukungan perbaikan. Selanjutnya diserahkan ke PPS untuk verifikasi vaktual,” katanya, Selasa (3/8).

Guna menyelesaikan tugas tepat waktu, lanjut Rifai maka pihaknya telah memiliki formula pemilahan kegandaan dengan menggunakan aplikasi Silon yang kini tengah dikerjakan oleh sejumlah tenaga ahli dibagian operator komputer. Nantinya, akan diketahui apakah dukungan Memenuhi Syarat (MS) atau Tidak Memenuhi Syarat (TMS) untuk diverifikasi.

Terkait apakah telah ditemukan kegandaan dukungan, Rifai mengakui belum dapat memastikannya sebelum data warga yang terdaftar di syarat dukungan itu dimasukkan ke ApSil. Sebab, petugas masih menyelesaikannya sesuai nama dan alamat.

“Kalau untuk angka, belum berani kita menyebutkannya, karena selesai. Mungkin secepatnya setelah nanti semua dimasukkan ke aplikasi, baru ketahuan mana MS ataupun TMS,” ujarnya.

Direncanakan, selesai melalui ApSil, KPU akan mengeluarkan formulir berkaitan itu, seperti BA1.KWK tentang hasil jumlah minimal dukungan, BA2.KWK tentang hasil verifikasi administrasi dan kegandaan dukungan, BA3.KWK terkait kesesuaian dukungan terhadap DP4 dengan DPT Pemilu sebelumnya. Serta BA4.KWK tentang kegandaan dengan diri sendiri, dengan bapaslon lain serta bapaslon yang sebelumnya telah lolos syarat minimal.

“Mungkin besok malam selesailah memasukkan datanya, karena besok memang harus selesai. Jadi, ApSil itu akan mampu mendeteksi kegandaan dukungan dengan calon lainnya,” kata Rifai.

174

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR