Home Gaya Hidup Libur Panjang, Perjalanan ke Karimunjawa Ditambah

Libur Panjang, Perjalanan ke Karimunjawa Ditambah

Jepara, Gatra.com - Guna persiapan libur panjang pada akhir Oktober 2020 ini, Pemerintah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah melakukan penambahan perjalanan kapal ke Pulau Karimunjawa. Hal ini sebagai antisipasi melonjaknya jumlah wisatawan.

Kepala Bidang Perhubungan Laut pada Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Jepara, Suroto mengatakan, penambahan trip ini berlaku bagi semua jenis kapal. Baik jenis ekonomi dengan KMP Siginjai atau kapal jenis eksekutif menggunakan kapal Ekspres Bahari.

"Setiap kapal ada penambahan satu kali trip," ujarnya, Senin (26/10).

Adapun jadwal trip ini, ia merinci, untuk KMP Siginjai awalnya hanya berangkat dari Dermaga Kartini setiap Rabu dan Sabtu. Namun kini ditambah satu kali perjalanan pada Senin. Sehingga, dalam sepekan berangkat dari Dermaga Kartini maupun Pulau Karimunjawa sebanyak tiga kali.

"Untuk Siginjai sudah ada penambahan mulai hari ini," jelasnya.

Sementara untuk jadwal Ekspres Bahari, sebelumnya hanya melayani tiga kali perjalanan. Yaitu pada Jumat, Sabtu, dan Minggu. Namun sekarang menjadi empat kali. Sebab, khusus Jumat akan menjadi dua kali perjalanan untuk pulang dan pergi (PP).

"Untuk Jumat PP, tapi Sabtu dan Minggu normal atau satu kali perjalanan," bebernya.

Meski ada penambahan trip, pihaknya juga menyiapkan langkah antisipasi melonjaknya wisatawan. Nantinya, antrean akan diatur di halaman gedung dermaga. Sehingga penerapan jaga jarak dan protokol kesehatan bisa berjalan lebih tertib.

"Antisipasi sudah, nanti diatur jaraknya di halaman atau tempat terbuka," pungkasnya.

142