Home Kesehatan Kabupaten Temanggung Siap Vaksin 65 ribu Lansia

Kabupaten Temanggung Siap Vaksin 65 ribu Lansia

Temanggung, Gatra.com – Sebanyak 65.000 lansia di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah (Jateng) akan mendapat suntikan vaksinasi Covid-19. Menurut rencana vaksinasi akan dilakukan pada Senin (15/3).

"Jumlah ini berdasarkan data dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Jadi kurang lebihnya sebanyak itu," ujar Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Temanggung, Khabib Mualim, Selasa (9/3).

Kabupaten Temanggung sendiri sudah mendapatkan tambahan vaksin untuk 5.000 orang. Dari jumlah tersebut 2.000 untuk lansia dan yang 3.000 untuk para perangkat desa.

Vaksinasi lansia dilaksanakan di 26 Puskesmas. Kelompok lansia yang lebih dulu divaksin adalah mereka yang sudah masuk dalam database, semisal pensiunan PNS yang tergabung dalam Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) juga Persatuan Purnawirawan Warakawuri TNI-Polri (Pepabri). Nama-nama lansia tersebut sudah dikelompokkan berdasarkan kecamatan dan sudah ditunjuk koordinatornya. Dengan demikian memudahkan mobilisasi menuju lokasi vaksinasi.

Mekanisme pendaftaran bagi lansia ada dua cara. Pertama, dibuatkan aplikasi khusus supaya bisa mendaftar secara pribadi. Kedua, Dinkes akan pro aktif meminta data dari Disdukcapil. Data ini kemudian dikirim ke Puskesmas untuk dipilah, sehingga yang belum bisa mendaftar akan diundang melalui pemerintah desa masing-masing.

“Dosis kedua untuk tenaga kesehatan sudah diberikan ke 2.365 orang. Ditambah hari ini dosis kedua untuk pelayan publik, tapi datanya belum terjumlah," tutup Khabib.

Jumlah orang di Kabupaten Temanggung yang sudah divaksin untuk dosis pertama di kalangan tenaga kesehatan ada 2.849 orang, pelayan publik sebanyak 5.433 orang, ditambah lansia tenaga medis dan tokoh agama sebanyak 101 orang. 

567