Home Kesehatan Resmi Beroperasi, RSU Banyumanik 2 Layani Home Care

Resmi Beroperasi, RSU Banyumanik 2 Layani Home Care

Semarang, Gatra.com- Rumah Sakit Umum (RSU) Banyumanik 2 yang berada di Jalan Perintis kemerdekaan Semarang resmi beroprasi, Rabu (24/3).

Pembangunan rumah sakit yang sudah dirintis sejak 2014 ini, tidak hanya memberikan pelayanan rawat inap dan rawat jalan saja namun juga memberikan pelayanan home care atau pelayanan di rumah.

Direktur RSU Banyumanik 2 Drg. Endang Nuryati mengatakan, pihaknya sengaja membuka layanan home care untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang tidak bisa datang ke rumah sakit. Layanan ini kata dia, untuk semua penyakit, khususnya yang tidak membutuhkan peralatan medis khusus.

"Di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini masih banyak masyarakat yang takut untuk datang ke rumah sakit, karena khawatir. Untuk itu kami memberikan layanan khusus home care," katanya, usai lounching RSU Banyumanik 2, Rabu (24/3).

Dia menambahkan, sesuai dengan potensi yang dimilikinya, RSUB 2 mengembangkan excellence atau keunggulan di bidang Trauma Center untuk melayani kegawatdarutan akibat kecelakaan dan sebab-sebab yang lain, yang menyebabkan ancaman cacat fisik dan kejiwaan.

"Oleh sebab itu RSUB 2 berusaha memberikan pelayanan prima dalam hal IGD, Ambulance, Laboratorium, Radiologi, Kamar Operasi, ICU, Rehabilitasi Medik, Apotek, dan CT Scan (Computed Tomography Scanning)," jelasnya.

Ketua Umum Yayasan Al Manshurin, Prof. Dr. Singgih Tri Sulistyono menyebutkan, Rumah Sakit Umum Banyumanik 2 merupakan wujud andil Yayasan Al Manshurin Semarang dalam mendarmabaktikan amalnya dalam rangka kemanusiaan (basyariyah), keislaman (Islamiyah), dan kebangsaan (wathoniyah).

Rintisan pendirian rumah sakit ini dimulai sejak enam tahun yang lalu (2014). Perjalanan panjang dalam proses pembangunannya menunjukkan bahwa untuk merealisasikan ihtiat itu memerlukan perjuangan yang panjang baik dari sisi finansial, penyiapan SDM, perangkat keras dan perangkat lunak (system IT), dan sebagainya.

"Dalam hal ini kita mengupayakan Islam memiliki kontribusi nyata meringankan beban masyarakat di bidang layanan Kesehatan seluruh lapisan masyarakat khususnya masyarakat menengah ke bawah,” ujarnya.

Sementara itu Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang hadir melalui daring mengharapkan dengan beroperasinya RSU Banyumanik 2 akan menambahk layanan kesehatan bagi warga masyarakat. Masyarakat semakin mudah mendapatkan layanan kesehatan.

"Menjadi satu kekuatan kolaborasi untuk menangani kesehatan," ujarnya.

2229