Home Kesehatan Waduh! 143 Nakes RSUD di Pati Positif Covid-19

Waduh! 143 Nakes RSUD di Pati Positif Covid-19

Pati, Gatra.com - Sebanyak 143 tenaga kesehatan (Nakes) di RSUD RAA Soewondo Pati terinfeksi Covid-19 selepas hari raya Idulfitri. Hal ini semakin menambah panjang daftar nakes di Kabupaten Pati, Jawa Tengah yang disengat virus corona.
 
Wakil Direktur Pelayanan RSUD RAA Soewondo Pati, dr Joko Subiyono mengatakan, sebesar 50% dari ratusan nakes itu sudah sembuh. Setelah dinyatakan negatif Covid-19, bahkan tidak sedikit diantaranya telah bekerja kembali. "Secara total kami hitung jumlahnya ada 143 orang. Ada yang sudah sembuh, ada pula yang sakit baru," ujarnya di RSUD RAA Soewondo Pati, Sabtu (12/6).
 
Ia melanjutkan, ada beberapa teknis khusus yang harus dilalui, sampai nakes diizinkan kembali bekerja setelah dinyatakan negatif Covid-19. "Setelah hari ke-15, kan memang diizinkan masuk, itu sesuai dengan aturan yang berlaku. Namun kalau masih ada gejala, tetap tidak boleh masuk," jelasnya.
 
dr Joko menyebut, ratusan nakes tersebut terinfeksi Covid-19 di waktu yang hampir bersamaan. Ia menduga, mereka terpapar selepas mengikuti gelaran tradisi Lebaran. "Saya curiganya akibat pesta dari Idhulfitri. Karena itu kan (terpaparnya) pada pekan ketiga, keempat. Masa inkubasinya memang berada di pekan itu," paparnya. 
 
Diketahui sebelumnya, Rumah Sakit Mitra Bangsa tercatat ada sebanyak 13 nakes, Puskesmas Batangan sebanyak 22 nakes, Puskesmas Gembong 6 nakes, Puskesmas Wedarijaksa 8 nakes, Puskesmas Winong II 9 nakes, dan Puskesmas Winong I ada 7 nakes yang terpapar Covid-19.
1762