Home Hukum KPI Mengetahui Dugaan Pelecehan Seksual Pegawai Hari Rabu

KPI Mengetahui Dugaan Pelecehan Seksual Pegawai Hari Rabu

Jakarta, Gatra.com- Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Nuning Rodiyah berujar bahwa KPI baru mengetahui perkara dugaan pelecehan seksual terhadap salah satu pegawainya pada Rabu (01/09). Sebelumnya, perkara ini beredar dalam bentuk surat terbuka di media sosial.

"Jadi hari Rabu siang saya baru terima itu dan kemudian dikonfirmasi oleh teman-teman, dikonfirmasi oleh beberapa kolega dan itu baru kita ketahui. Khususnya ketika kemudian ada kekerasan seksual yang terjadi di Komisi Penyiaran Indonesia," ucap Nuning di Polres Metro Jakarta Pusat pada Kamis (02/09).

Nuning menuturkan, sebelumnya tidak ada laporan secara eksplisit mengenai apa yang dialami oleh korban. Menurutnya, yang disampaikan korban kepada pimpinan, Kepala Bagian, dan Kepala Sub Bagian adalah ketidaknyamanan kerja.

Menurut Nuning, korban pernah ke ruangannya untuk menanyakan pindah divisi. "Jadi memang pertanyaannya berkaitan dengan yang bersangkutan ataupun penyampaian ke saya adalah keinginan yang bersangkutan untuk pindah dari divisinya," tutur Nuning.

Korban melaporkan perkara ini ke Polres Metro Jakarta Pusat pada Rabu (01/09) malam. Adapun terlapor berinisial RN, MP, CT, EO, dan CL.

Kasatreskrim Polres Metro Jakarta Pusat Kompol Wisnu Wardhana berujar, polisi akan memanggil terlapor pada Senin (06/09) mendatang. "Hari Senin nanti kita panggil yang dari pihak terlapor. Nanti ke semuanya kita panggil," ucap Wisnu di Polres Metro Jakarta Pusat pada Kamis (02/09) malam.

Dalam kesempatan lain, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus berujar bahwa dugaan perkara pelecehan seksual tersebut terjadi di Kantor KPI Pusat yang terletak di Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat pada 22 Oktober 2015 lalu.

Yusri menuturkan, kelima orang terlapor masuk ke ruangan korban dan memegangi korban. "Kemudian melakukan hal yang tidak senonoh dengan mencoret-coret (alat kelamin). Ini yang kemudian dilaporkan," ucap Yusri di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan pada Kamis (02/09).

81