Home Gaya Hidup Balitbang Kota Solok Susun Kajian Sistem Transportasi Payo

Balitbang Kota Solok Susun Kajian Sistem Transportasi Payo

Solok,Gatra.com- Berbagai upaya telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Solok dalam mendukung pengembangan kawasan agrowisata Payo. Kali ini Pemerintah Kota Solok melalui Badan Penelitan dan Pengembangan (Balitbang) Kota Solok melaksanakan Penyusunan Kajian Sistem Transportasi Pendukung Pengembangan Kawasan Agrowisata Payo dalam rangka meningkatkan aksesibilitas agrowisata Payo. 
 
Kajian ini terlaksana atas kerja sama Balitbang Kota Solok dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Andalas (LPPM Unand) Padang dan melibatkan Tim Teknis dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. 
 
Kepala Bidang Pembangunan Inovasi dan Teknologi Balitbang Kota Solok, Darmawel selaku Ketua Tim Teknis melaporkan pelaksanaan kegiatan di hadapan peserta. Acara dilanjutkan dengan sambutan dan arahan dari Kepala Balitbang Kota Solok sebagai penanggungjawab kegiatan. 
 
Tahapan kajian saat ini telah dilaksanakan Pemaparan dan Pembahasan Laporan Pendahuluan Penyusunan Kajian Sistem Transportasi Pendukung Pengembangan Kawasan Agrowisata Payo Kota Solok di Aula Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Solok, Kamis (2/9) yang dihadiri oleh Kepala Balitbang Kota Solok, Marwis, Tim Ahli dan Tim Teknis dari OPD tekait. 
 
Kepala Balitbang Kota Solok Marwis dalam sambutannya menyampaikan bahwa Agrowisata Payo merupakan kawasan yang menjadi sasaran pembangunan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Solok Tahun 2021-2026. 
 
Payo merupakan sebuah kawasan agrowisata yang terletak di atas perbukitan dengan ketinggian 900 mdpl. Dari tempat tersebut, dapat dinikmati kesejukan udara dan keindahan pemandangannya serta tanahnya yang subur. Dari ketinggian, terlihat Kota Solok dengan view danau singkarak yang sangat menawan.
Payo merupakan sebuah kawasan agrowisata yang terletak di atas perbukitan dengan ketinggian 900 mdpl. Dari tempat tersebut, dapat dinikmati kesejukan udara dan keindahan pemandangannya serta tanahnya yang subur. Dari ketinggian, terlihat Kota Solok dengan view danau singkarak yang sangat menawan. 
 
Kawasan ini masih perlu dikembangkan, salah satu caranya melalui perbaikan sistem transportasi menuju Agrowisata Payo yang berjarak 4,6 km dari pusat kota Solok. Oleh karena itu, dibutuhkan Penyusunan kajian sistem transportasi pendukung pengembangan kawasan Agrowisata Payo dengan harapan dapat memberikan rekomendasi kepada kepala daerah dalam pengambilan kebijakan, jelas Marwis. 
 
Pemaparan Laporan Pendahuluan Penyusunan Kajian Sistem Transportasi Pendukung Pengembangan Kawasan Agrowisata Payo Kota Solok disampaikan oleh Yosritzal, selaku Ketua Tim Ahli dari LPPM UNAND Padang Yosritzal berharap Tim Ahli, kajian ini mampu memberikan kontribusi bagi pembangunan di Kota Solok melalui rekomendasi hasil kajian yang dirumuskan bersama tim teknis terkait akses jalan dan penjelasan kondisi geometrik. 
 
"Kajian transportasi yang akan dilaksanakan tidak hanya sebatas dukungan sistem transportasinya tetapi juga mempersiapkan destinasi yang terintegrasi dan terpadu dalam satu kawasan," ucapnya. 
 
Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab. Dalam sesi ini, suasana diskusi menjadi hangat dengan munculnya berbagai sumbang saran dan tanggapan dari peserta mengenai konsep transportasi, lalu lintas, lingkungan dan budaya setempat. Setelah pelaksaan Laporan Pendahuluan ini, Tim Ahli akan menginventarisir kembali tambahan data yang dibutuhkan untuk penyempurnaan hasil kajian yang akan melibatkan OPD terkait. 
 
Selanjutnya akan dilakukan perbaikan laporan berdasarkan hasil pembahasan ini dan akan dilaksanakan pemaparan laporan selanjutnya yaitu Laporan Antara yang waktunya akan ditentukan kemudian.
313