Home Kesehatan Jemput Bola Kejar Herd Imunity, Vaksinasi Malam Hari Sasar Warga Sibuk Bekerja

Jemput Bola Kejar Herd Imunity, Vaksinasi Malam Hari Sasar Warga Sibuk Bekerja

Kendal, Gatra.com - Untuk mengejar herd imunity dan percepatan program vaksinasi, sejumlah terobosan dilakukan jajaran Polres Kendal. Seperti pada pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat umum yang digelar malam hari di aula Balaidesa Kebonharjo Kecamatan Patebon Kendal Jawa Tengah.

Kapolsek Patebon AKP Miyardi mengatakan, pada pelaksanaan vaksinasi malam hari yang digagas Polres Kendal, aparat kepolisian melakukan langkah jemput bola ke rumah-rumah warga. Upaya ini sengaja dilakukan untuk mengakomodir warga yang tidak bisa mengikuti vaksinasi di sentra vaksin, karena harus bekerja.

"Bagi warga yang tidak bisa vaksin karena harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari keluarganya, kita datangi dan kita ajak mereka untuk vaksin. Kami datangi mereka door to door," ungkap Miyardi, Sabtu (2/10).

Ia juga menjelaskan, vaksinasi malam hari Polres Kendal dalam pelaksanaannya mengerahkan sejumlah tenaga medis baik vaksinatornya maupun petugas yang mendata dari tim dokkes Polres Kendal. Langkah serupa juga akan diterapkan pada vaksinasi malam hari di tempat lain demi mengejar herd imunity agar target percepatan vaksinasi segera tercapai.

Untuk vaksin malam hari ini ada 310 warga Desa Kebonharjo yang divaksin, ujarnya. Dalam kesempatan itu, Kabag Ops Polres Kendal Kompol Winarno Panji Kusumo yang meninjau pelaksanaan vaksinasi malam hari mengapresiasi langkah jemput bola yang dilakukan jajaran Polsek Patebon.

"Langkah jemput bola sangat kami apresiasi karena ini bisa mengakomodasi keinginan warga yang pada saat siang hari harus bekerja mencari nafkah," katanya.

Winarno yang sempat berdialog dengan peserta vaksinasi memberikan himbauan kepada warga untuk tetap mematuhi protokol kesehatan sekalipun sudah disuntik vaksin. Dikatakan, progam yang dilaksanakan Polres Kendal merupakan bagian dukungan dari institusi kepolisian dalam mendukung program pemerintah untuk meningkatkan herd imunity.

Menurutnya, jika kekebalan komunal atau herd immunity terbentuk, maka kesehatan warga jauh lebih terjamin dari ancaman virus yang berasal dari Wuhan China.

Sementara itu, Slamet salah seorang warga setempat mengaku berterima kasih kepada Polres Kendal yang telah memberikan suntikan vaksin kepada warga Patebon. "Saya itu berterima kasih sekali bisa ikut vaksin. Jujur saja, kalau siang hari saya gak bisa ikut vaksin karena harus bekerja untuk menghidupi anak istri," ungkap Slamet.

 
1350