Home Kesehatan Asosiasi Hotel Sarankan Karantina Wisatawan di Hotel Tujuan Wisata

Asosiasi Hotel Sarankan Karantina Wisatawan di Hotel Tujuan Wisata

Mataram, Gatra.com – Terbitnya peraturan pemerintah terkait karantina selama lima hari yang masih terasa memberatkan bagi wisatawan maupun pelaku bisnis sektor pariwisata, termasuk perhotelan, Asosiasi Hotel Senggigi, Lombok Barat (AHS) menyarankan agar karantina wisatawan dapat dilakukan di hotel tujuan berwisata. Terkait harga yang ditetapkan akan lebih murah. Selain itu, cara ini juga akan menambah pemasukan usaha.

“Konsepnya mungkin per hotel bisa menyediakan dua sisi lokasi kamar. Satu sisi sebagai lokasi karantina wisatawan. Yang lain bisa disiapkan untuk penginapan bagi tamu secara umum. Fasilitas dan pelayanan bisa dilakukan para karyawan hotel, dikawal petugas Nakes untuk memastikan kondisi wisman. Hotel juga harus mengantongi sertifikat CHSE,” kata Ketua Asosiasi Hotel Senggigi, Ketut Murta Jaya, Sabtu (23/10).

”Baru datang, mereka bisa langsung ke lokasi tujuan dan karantina di sana. Tak perlu transit dulu. Apalagi kalau lokasi tujuannya di Sembalun, Gili, atau Sekotong, dan lainnya,” papar dia.

Dewan Kehormatan PHRI NTB, Gusti Lanang Patra, menambahkan, wisatawan bisa memilih sendiri hotel nyaman yang sesuai keinginan mereka selama karantina. Jika pelaku pariwisata siap dan satu kesepakatan, semua bisa dilaksanakanndengan baik,

“Saya melihat tingkat hunian hotel hingga saat ini sudah mencapai kisaran 20. Kita bersyukur dampak vaksin dan penurunan level Covid-19 juga merubah situasi kepariwisataan kita,” demikian pemilik Lombok Raya Hotel ini.

1140