Home Olahraga Ini Dia Pecatur Termuda yang Memiliki Elo Rating 2800!

Ini Dia Pecatur Termuda yang Memiliki Elo Rating 2800!

Brezice, Slovenia, Gatra.com-  Ada lebih dari seribu grandmaster catur di dunia, hanya 14 pemain dalam sejarah yang telah melewati batas peringkat elo rating 2.800. GM Alireza Firouzja adalah tambahan terbaru untuk pecatur dengan elo rating  2800 setelah mencetak poin 8 dari maksimal 9. Raihan sensasional pecatur Prancis kelahiran Iran di Kejuaraan Beregu Eropa ini mengantarkan dia memecahkan pecatur termuda dengan elo rating 2800. Chess.com, 22/11.

Dia menembus 2800 pada usia 18 tahun dan lima bulan. Dia yang termuda yang pernah melakukannya. Juara dunia GM Magnus Carlsen juga berusia 18 tahun ketika menembus 2800, tetapi sesaat sebelum menginjak usia 19 tahun. Dengan kemenangan pada Ahad lalu, Firouzja juga menjadi nomor dua dunia baru, di belakang Carlsen. Firouzja dari 9 kali main menang 7 kali dan seri 2 kali. Dia membukukan tambahan elo rating 33,8 sehingga menjadi 2803,8. Pada pertandingan terakhir dia menekuk pecatur Shakhriyar Mamedyarov. Mamedyarov bukan pecatur kaleng-kaleng, lihat elo ratingnya yang mentereng 2765!

Kenaikan luar biasa Firouzja ke puncak telah mengingatkan para legenda seperti GM Bobby Fischer, GM Garry Kasparov, dan bahkan juara dunia saat ini. Pemain kelahiran Iran dan kini menjadi pemain nomor satu Prancis itu meraih gelar grandmaster pada usia 14 tahun dan melewati elo rating 2.700 dua tahun kemudian. Itu terjadi pada tahun 2019. Setelah dua tahun berikutnya, dia adalah nomor dua dunia dan telah lolos ke turnamen kandidat berikutnya setelah menyelesaikan pertama di FIDE Chess.com Grand Swiss. Jika dia menang, dia akan lolos untuk bermain di pertandingan kejuaraan dunia berikutnya .

Dominasi Firouzja baru-baru ini dalam catur telah mencapai proporsi bersejarah. Meskipun masih terlalu dini untuk menunjukkan dengan tepat pengaruhnya yang berbeda, yang masih akan berkembang, mari kita lihat bagaimana ia dibandingkan dengan para legenda yang memukau dunia di masa lalu.

Bobby Fischer

Ketenaran pemain ajaib Amerika itu melejit setelah "Game of the Century" yang dimainkannya pada usia 13 tahun. Ia menjadi juara AS termuda di usia 14 tahun, grandmaster di usia 15 tahun, dan juara dunia di usia 29 tahun. Sementara Fischer menduduki peringkat puncak elo rating 2785, mungkin tampak rendah hari ini. Namun, menjelang Kejuaraan Catur pada 1972, ia memiliki 125 poin lebih tinggi dari pecatur nomor dua dunia yang juga juara dunia saat itu, GM Boris Spassky.

Garry Kasparov

"Binatang dari Baku" lahir pada 1963—sembilan tahun sebelum Fischer menjadi juara—dan telah dipuji oleh banyak orang sebagai yang terhebat sepanjang masa. Dia mendapatkan gelar grandmaster pada tahun 1980 dan menjadi juara dunia termuda (usia 22) pada tahun 1985. Kasparov adalah pemain pertama yang menembus 2800 dan juga mencapai peringkat puncak 2851 (peringkat tertinggi sepanjang masa sampai Carlsen melampauinya pada tahun 2013).

Magnus Carlsen

Juara dunia petahana mendapatkan gelar GM pada usia 13 tahun, melewati ambang batas 2.800 pada usia 18 tahun, menjadi nomor satu dunia pada usia 19 tahun (di mana dia bertahan), dan dinobatkan sebagai juara dunia pada usia 22 tahun.

Nomor Dua Dunia

Firouzja telah memecahkan rekor impresif yang dibuat oleh juara dunia saat ini. Dia telah membuktikan dirinya sebagai penyerang yang berbahaya, sebanding dengan beberapa juara terhebat di masa lalu. Dia adalah pemain terbaik kedua di dunia saat ini. Dari sini, dunia hanya bisa menunggu dan melihat.

3554