Home Internasional Pengadilan Ontario Perintahkan Polisi Akhiri Blokade Truk

Pengadilan Ontario Perintahkan Polisi Akhiri Blokade Truk

Ottawa, Gatra.com - Pengadilan tinggi di Ontario Kanada mengeluarkan keputusan untuk memerintahkan aparat mengakhiri blokade truk yang berakibat terputusnya pasokan perdagangan dengan Amerika Serikat.

Jembatan Ambassador, yang menghubungkan Windsor, Ontario (Kanada) dengan Detroit, Michigan (Amerika Serikat), diblokade selama 5 hari oleh truk-truk yang melakukan unjuk rasa menentang pengetatan yang dilakukan pemerintah demi mencegah penyebaran Covid-19.

Blokade oleh ratusan truk ini juga terjadi di perbatasan Ottawa.

Perintah ini dikeluarkan oleh pemerintah kota Windsor bersama dengan Asosiasi Pabrik Spare Part Otomotif yang mengaku kehilangan US$39 per hari akibat dari blokade konvoi tersebut.

Sejalan dengan perintah pengadilan tersebut, pihak Kepolisian Windsor mengeluarkan statement yang menyatakan bahwa perbuatan memblokade perbatasan dengan alasan demonstrasi adalah perbutan melawan hukum alias kriminal.

Dengan demikian, lanjut pihak Kepolisian, akan dilkaukan penyitaan kendaraan dan dengan demikian truk-truk tersebut tidak bisa masuk ke Amerika Serikat.

Ratusan konvoi truk yang melakukan blokade baik di Ottawa maupun perbatasan dengan Amerika Serikat tersebut mengganggu perdagangan Kanada-Amerika Serikat. Presiden Amerika Serikat Joe Biden sudah melakukan komunikasi dengan PM Kanada Justin Trudeau mengenai hal ini, dan Trudeau berjanji akan secepatnya menyelesaikan masalah tersebut.

68