Home Internasional Putin Ngamuk, Tangkap Kepala Intelijen dan Wakilnya, Pecat Jenderal, Kaget Ukraina Melawan dengan Keras

Putin Ngamuk, Tangkap Kepala Intelijen dan Wakilnya, Pecat Jenderal, Kaget Ukraina Melawan dengan Keras

Moskow, Gatra.com- Vladimir Putin dilaporkan telah menempatkan kepala dinas luar negeri Dinas Keamanan Federal Rusia (FSB) di bawah tahanan rumah, bersama dengan wakilnya. Putin menyalahkan badan intelijennya atas lambatnya perang di Ukraina, yang telah menyebabkan korban Rusia terus meningkat. Daily Mail, 11/03.

Layanan keamanan FSB diduga mengatakan kepada Putin bahwa Ukraina lemah, penuh dengan kelompok neo-Nazi, dan akan mudah menyerah jika dia menyerang. Berita itu muncul setelah Putin dikatakan telah memecat jenderal-jenderalnya.

Sumber di dalam FSB mengatakan kepadanya bahwa Sergey Beseda, 68 tahun, kepala dinas luar negeri FSB, telah ditahan atas perintah Putin pada Jumat. Penggelapan dana yang dialokasikan untuk pekerjaan subversif dan penyamaran di Ukraina, serta informasi palsu, dikatakan sebagai alasan penangkapan tersebut.

Juga ditangkap Anatoly Bolyukh, wakil Beseda, menurut Soldatov, yang mengatakan Putin 'benar-benar tidak senang' dengan badan tersebut - yang ia jalankan sebelum menjadi presiden.

Putin dikatakan menyalahkan badan intelijen yang meyakinkannya menjelang invasi bahwa pasukan Rusia hanya akan menghadapi perlawanan kecil dari tentara Ukraina dan bahwa Ukraina sendiri sangat ingin menyingkirkan para pemimpin mereka.

Di antara alasan represi adalah penggelapan dana yang dialokasikan untuk pekerjaan subversif dan penyamaran di Ukraina, serta informasi palsu yang sengaja dibuat tentang situasi politik di Ukraina.

Dinas keamanan FSB diduga menyerahkan informasi intelijen yang menunjukkan bahwa Ukraina lemah, penuh dengan kelompok neo-Nazi, dan akan mudah menyerah jika diserang.

Faktanya, angkatan bersenjata Rusia telah menghadapi perlawanan sengit dari tentara Ukraina yang membuat mereka terhenti, menimbulkan kerugian besar, dan memaksa komandan Putin untuk menggunakan perang pengepungan brutal yang sejauh ini tidak membuahkan hasil.

Sementara itu warga sipil Ukraina telah bersatu di belakang pemerintah mereka dan kepemimpinan inspirasional Volodymyr Zelensky, melakukan protes di daerah-daerah yang telah diduduki Rusia, sambil menyabot tank dan menangkap kendaraan mereka.

Itu terjadi setelah beberapa laporan mengatakan Putin 'marah' pada FSB karena meyakinkannya bahwa tentaranya akan menghadapi sedikit perlawanan ketika menyerang Ukraina, menyalakan dinas intelijennya dan menyalahkan mereka atas kesalahan tersebut.

Sebelumnya, Putin dikatakan telah memecat jenderal utamanya dan 'mengamuk' di FSB setelah intelijen gagal dan strategi yang buruk melihat pasukannya menyerahkan serangkaian kekalahan memalukan pada hari-hari pembukaan perang di Ukraina.

Oleksiy Danilov, kepala dewan keamanan Ukraina, mengatakan 'sekitar delapan' komandan Rusia telah dipecat sejak awal konflik ketika Moskow berusaha untuk mengubah strategi setelah upaya 'mengejutkan dan mengagumkan' gagal.

Organisasi itu mengumpulkan intelijen yang baik - tetapi terlalu takut untuk mengatakan yang sebenarnya kepada Putin, alih-alih mengubah laporan mereka untuk menenangkannya.

Pengambilan keputusan yang buruk itu telah menyebabkan Rusia menderita korban yang jauh lebih tinggi daripada yang diperkirakan dalam serangannya, yang sekarang telah berlangsung selama lebih dari dua minggu.

Tampaknya Moskow telah mengantisipasi sedikit perlawanan ketika mengirimkan pasukan ringan yang didukung oleh serangan udara untuk merebut sasaran-sasaran utama selama hari-hari pembukaan, tetapi disambut dengan serangan balasan yang menghukum.

Angka yang dapat diandalkan sulit didapat, tetapi Ukraina yakin Rusia telah kehilangan hingga 12.000 orang dalam dua minggu. Intelijen Eropa menempatkannya lebih rendah - antara 6.000 dan 9.000 - dan AS lebih rendah lagi, hingga 3.000.

Mana pun yang terbukti akurat, hampir pasti lebih dari yang diantisipasi Putin ketika dia meluncurkan serangan dengan harapan pertempuran akan berakhir hanya dalam beberapa hari.

36171