Home Internasional Perang Selesai! Kesepakatan Damai Hampir Tercapai

Perang Selesai! Kesepakatan Damai Hampir Tercapai

Kyiv, Gatra.com- Rusia mengklaim bahwa bagian dari kesepakatan damai dengan Ukraina hampir disetujui dengan status 'netral' untuk Kyiv di bawah pertimbangan 'serius'. Itu terjadi sehari setelah Presiden Ukraina Vlodymyr Zelensky mengatakan negaranya harus menerima tidak akan menjadi anggota NATO - sebuah pernyataan yang diharapkan membuka jalan bagi semacam kesepakatan damai dengan Rusia. Daily Mail, 16/03.

Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov mengatakan kepada RBC news pada Rabu: 'Status netral sekarang sedang dibahas secara serius, tentu saja, dengan jaminan keamanan. Sekarang hal ini sedang dibahas dalam negosiasi - ada formulasi yang benar-benar spesifik yang menurut saya mendekati kesepakatan.'

Dia mengatakan bahwa Presiden Vladimir Putin telah berbicara tentang netralitas, bersama dengan jaminan keamanan untuk Ukraina tanpa perluasan NATO, sebagai salah satu kemungkinan varian pada Februari.

Secara terpisah, negosiator utama Moskow Vladimir Medinsky mengatakan delegasinya mendorong Ukraina untuk mengambil status yang sebanding dengan Swedia atau Austria, dua negara netral di Eropa barat - meskipun Zelensky telah menolak proposal tersebut.

Medinsky berkata: 'Kami membutuhkan Ukraina yang damai, bebas, independen, netral - bukan anggota blok militer, bukan anggota NATO.'

Kedua belah pihak telah mengadakan beberapa putaran negosiasi yang bertujuan untuk menemukan titik temu dan menghentikan permusuhan yang diluncurkan oleh pemimpin Rusia Vladimir Putin pada akhir Februari.

Presiden Ukraina Vlodymyr Zelensky mengatakan pada hari Selasa bahwa negaranya harus menerimanya tidak akan menjadi anggota NATO - sebuah pernyataan yang diharapkan dapat membuka jalan bagi semacam kesepakatan damai dengan Rusia.

Kedua belah pihak sebelumnya telah meningkatkan harapan akan terobosan, mengacu pada kesepakatan yang hampir dibuat dan ditandatangani. Lavrov pada Rabu memperingatkan bahwa negosiasi tidak mudah tetapi ada 'beberapa harapan untuk mencapai kompromi'.

Negosiator Rusia Medinsky menggemakan kalimat kepada wartawan pada hari Rabu bahwa pembicaraan itu 'lambat dan sulit' tetapi mengatakan Kremlin menginginkan perdamaian, 'sesegera mungkin'.

Dia menegaskan kembali bahwa masalah inti dalam pembicaraan adalah Ukraina 'netral', mengutip status Austria dan Swedia sebagai contoh yang mungkin untuk diikuti.

Itu berarti Ukraina dapat mempertahankan angkatan bersenjatanya tetapi Kyiv tidak akan diizinkan memiliki pangkalan asing, menurut juru bicara Kremlin Dmitry Peskov.

Medinsky menambahkan bahwa masalah lain sedang dibahas, termasuk status semenanjung Krimea, yang dianeksasi oleh Rusia pada 2014, serta wilayah yang dipegang selama bertahun-tahun oleh separatis pro-Moskow.

Lavrov pada Rabu mengatakan daftar prioritas termasuk keamanan orang-orang di Ukraina timur, demiliterisasi Ukraina dan hak-hak orang berbahasa Rusia di Ukraina.

Pejabat Ukraina juga telah membuat pernyataan positif yang hati-hati tentang status pembicaraan damai. Zelensky pada hari Rabu menggambarkan negosiasi sebagai 'lebih realistis' tetapi memperingatkan bahwa lebih banyak waktu diperlukan untuk setiap kesepakatan untuk kepentingan Ukraina.

Berbicara pada Selasa, dia mengatakan bahwa 'kami telah mendengar selama bertahun-tahun bahwa pintu terbuka, tetapi kami juga mendengar bahwa kami tidak dapat bergabung. Itu adalah kebenaran dan harus diakui.'

Menjelang invasi, Putin telah menuntut jaminan bahwa Ukraina tidak akan pernah diterima di NATO bersama dengan pemindahan semua pasukan dan senjata aliansi dari negara-negara bekas Soviet.

Setelah ditolak oleh Kyiv, Washington dan NATO Putin mengatakan tidak ada pilihan selain melancarkan operasi militer karena orang-orang berbahasa Rusia di Ukraina telah menjadi sasaran genosida oleh 'nasionalis dan neo-Nazi' sejak pencaplokan Krimea oleh Rusia pada 2014.

Negosiator Rusia telah melunakkan tuntutannya. Sebelumnya mereka menuntut Ukraina menyatakan netralitas, melucuti senjata, mengakui Krimea sebagai bagian dari Rusia dan mengakui seluruh Donbass merdeka. Ukraina menuntut gencatan senjata dan penarikan segera semua pasukan Rusia.

2863