Home Kesehatan Selama Pandemi Covid-19 Capaian Imunisasi Tak Sesuai Target

Selama Pandemi Covid-19 Capaian Imunisasi Tak Sesuai Target

Solok,Gatra.com- Launching Pekan Imunisasi Dunia (PID) dan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di Kabupaten Solok. Selasa (19/4). Bertempat di SDN 17 Nagari Salimpek, Kecamatan Lembah Gumanti. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Solok Zulhendri dalam kata sambutannya mengungkapkan Pandemi Covid-19 ini menyebabkan pencapaian Imunisasi anak menurun.  "Pada tahun ini baru mencapai 72.5% dari target imunisasi," ungkap Zulhendri. 
 
"Pada tanggal 15 April kemaren telah dilaksanakan pemetaan sasaran Imunisasi, dan pada tanggal 16 April nya telah didapatkan satu posyandu yang dijadikan tempat launching kegiatan PID tingkat kecamatan, serta ditanggal 18 april puskesmas telah melakukan sosialisasi advokasi di lintas sektoral dan persiapan pencanangan Serta pada hari ini kita melaksanakan launching kegiatan PID tingkat Kabupaten Solok,"katanya. 
 
Kegiatan posyandu ini akan berlanjut untuk empat hari kedepan. "Ucapan terimakasih kepada masyarakat atas antusiasme nya dalam mensukseskan Kegiatan PID ini dan juga kita akan melakukan imunisasi kepada kurang lebih 94 anak pada hari ini,"kata dia 
 
Sambutan Ketua TP-PKK Kabupaten Solok Emiko Epyardi Asda menyampaikan Imunisasi merupakan suatu upaya untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan perlindungan penyakit bagi anak-anak kita. Pada tahun ini di Indonesia imunisasi mengalami penurunan karena dampak dari pandemi Covid-19. 
 
"Kami berharap agar pihak terkait dapat berperan penting dalam menjalankan program Imunisasi ini. Edukasi tenaga kesehatan kepada orang tua mengenai manfaat dari imunisasi merupakan hal yang sangat penting," imbau Emiko Epyardi Asda. 
 
Emiko juga mengucapan terimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam mensukseskan kegiatan Pekan Imunisasi Dunia (PID) ini. "Mari jadikan Pekan Imunisasi Dunia ini sebagai momentum meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya imunisasi di masa pandemi Covid-19 ini," katanya. 
 
Sementara Sekda Medison menyampaikan banyak kegiatan yang terhalang oleh dampak Covid-19 salah satunya adalah program imunisasi.
"Pemerintah kabupaten Solok mendukung secara penuh kegiatan imunisasi ini karena berperan penting bagi kesehatan generasi muda di masa yang akan datang," ungkapnya. 
 
Tantangan kesehatan bagi generasi muda kedepannya sungguh berat, oleh karena itu penting dibekali dengan imunisasi untuk meningkatkan daya tahan tubuh bagi anak-anak kita. 
 
Dalam kesempatan ini Medison juga mengucapkan terimakasih kepada Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat telah dapat hadir dan mensukseskan kegiatan PID ini,"ungkapnya. 
 
Diakhir kegiatan Sekda Medison mewakili Bupati Solok Membuka Kegiatan Pekan Imunisasi Dunia dan Bulan Imunisasi Anak Nasional tingkat Kabupaten Solok, dan dilanjutkan dengan rangkaian kegiatan Pekan Imunisasi Dunia dan penyerahan Sertifikat kepada Ibu dan Anak yang telah melaksanakan imunisasi lengkap. 
 
Kegiatan ini turut dihadiri, Bupati Solok diwakili Sekda Medison, Ketua TP-PKK Kabupaten Solok Emiko Epyardi Asda, Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Solok Zulhendri, Kepala OPD Kabupaten Solok. Camat Lembah Gumanti Zulbakti, Camat Se-Kabupaten Solok, Forkopimcam, Ketua TP-PKK Kec. Lembah Gumanti, Walinagari Salimpek Zulfikar, Walinagari Se-Kecamatan Lembah Gumanti, Kepala Puskesmas Se-Kecamatan Lembah Gumanti, Kepala SD dan SMP Se-Kecamatan Lembah Gumanti, Ketua TP-PKK Nagari Salimpek, TP-PKK Kabupaten Solok,TP-PKK Nagari Salimpek,dan Masyarakat Kecamatan Lembah Gumanti.
35