Home Keuangan Anak Bukan Tabungan, Persiapan Dana Masa Tua Harus Dilakukan

Anak Bukan Tabungan, Persiapan Dana Masa Tua Harus Dilakukan

Jakarta, Gatra.com - Semua orang wajib mempersiapkan tabungan masa tua. Salah satunya bisa diupayakan melalui investasi Obligasi. Ada beragam jenis Obligasi yang bisa diandalkan saat ini. Langkah investasi inilah yang akan membuat Anda mampu mandiri di masa tua.

Berhubungan dengan dana masa tua, banyak orang berpikir kalau punya anak adalah solusinya. Orang-orang di zaman dulu memiliki pola pikir anak adalah tabungan di masa tua. Jelas hal ini salah besar dan Anda tetap harus mempersiapkan dana masa tua dengan usaha sendiri.

Childfree vs Non-childfree

Seiring berjalannya waktu, pemikiran bahwa anak adalah tabungan masa tua tadi terus berubah. Apalagi sekarang muncul sebuah pola pikir childfree yang diyakini sebagian orang. Ini merupakan sebuah prinsip untuk tidak memiliki anak walaupun sudah menikah.

Kepercayaan childfree ini biasanya dianut oleh masyarakat di negara maju. Misalnya saja di Jepang, Korea Selatan, dan negara-negara di Eropa.

Lain halnya dengan orang-orang yang pro-child dan memilih untuk memiliki anak. Sebelum membahas dana masa tua nanti, mari bandingkan dulu kelompok yang childfree dan pro-child karena kedua pilihan ini sangat berpengaruh.

  • Kebutuhan Biaya Hidup

Pertama-tama ada kebutuhan biaya hidup yang sudah pasti akan berbeda antara orang-orang dengan pilihan childfree dan tidak. Bagi orang-orang yang memilih childfree, kebutuhan biaya hidup mereka bisa dikatakan lebih rendah daripada kelompok orang yang memiliki anak. Ini merupakan sebuah teori yang sangat mudah untuk disimpulkan.

Memiliki anak berarti memiliki tanggung jawab secara finansial. Anak adalah manusia biasa seperti kita yang memiliki pengeluaran secara rutin untuk memenuhi setiap kebutuhannya. Jadi, sudah jelas kalau kebutuhan biaya hidup antara childfree dan non-childfree akan sangat berbeda.

  • Persiapan Biaya Pendidikan

Ini dia yang harus benar-benar diperhatikan oleh mereka yang memilih untuk memiliki anak. Jika sudah yakin ingin memiliki anak, maka sudah pasti harus mempersiapkan biaya pendidikan anak tersebut. Penting untuk diketahui bahwa biaya pendidikan ini tidaklah murah, apalagi di zaman sekarang.

Bagaimana dengan childfree? Bagi kelompok orang yang memilih childfree tentu saja biaya pendidikan anak ini bisa dicoret dari tujuan finansial mereka. Tidak perlu ada persiapan biaya pendidikan anak, mengingat mereka tidak akan memiliki anak karena sudah memilih childfree.

  • Biaya Rekreasi

Dalam kehidupan ini, selain memenuhi kebutuhan utama, manusia juga butuh mendapatkan rekreasi atau hiburan. Tentu saja harus ada alokasi dana khusus jika ingin mendapatkan hal tersebut.

Pengeluaran ini berlaku bagi orang-orang yang menganut childfree maupun tidak. Poin yang membedakan antara keduanya adalah jumlah atau total biaya yang harus dikeluarkan.

Bagi orang-orang yang memilih childfree, biaya untuk rekreasi ini lebih terjangkau. Mereka hanya perlu mengeluarkan biaya rekreasi untuk diri sendiri dan pasangan.

Lain halnya bagi orang-orang yang memiliki anak, maka biaya rekreasi ini harus dipersiapkan lebih banyak karena pengeluarannya juga otomatis jadi lebih besar.

  • Kebutuhan Dana Darurat

Manajemen finansial setiap orang tidak boleh lepas dari dana darurat. Ini harus selalu ada mengingat fungsinya yang begitu penting. Dana darurat ini akan digunakan untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan yang sifatnya darurat.

Lebih baik memang dipersiapkan daripada harus mengambil tabungan pribadi untuk memenuhi kebutuhan darurat tersebut. Ini berlaku bagi kelompok childfree maupun tidak.

Keberadaan anak tidak akan berpengaruh karena dana darurat sudah pasti akan dibutuhkan. Hanya saja jumlahnya mungkin berbeda karena ada anak yang juga harus dipersiapkan kebutuhan daruratnya sehingga tidak mengganggu stabilitas finansial.

  • Pengeluaran untuk Asuransi

Bagi Anda yang paham betul pentingnya asuransi, terutama bagi keluarga dan orang-orang tercinta, maka persiapan dana untuk kebutuhan ini harus diperhatikan. Kelompok childfree dan non-childfree sudah pasti akan memiliki banyak perbedaan dalam poin ini.

Pengeluaran biaya asuransi bagi kelompok yang non-childfree pastinya lebih besar. Ini disebabkan oleh adanya tambahan biaya asuransi anak yang juga harus ditanggung.

Meskipun asuransi itu merupakan sebuah opsi, namun tetap menjadi salah satu persiapan yang penting untuk menghadapi risiko tak terduga. Jika memang ingin punya asuransi, memang orang-orang yang non-childfree harus mempersiapkan biaya lebih besar.

Jika dilihat dari segi finansial memang benar jika childfree mungkin terasa lebih ringan. Namun perbandingan antara keduanya tidak hanya dilihat dari faktor finansial. Psikologis juga bisa menjadi salah satu faktor yang harus dipertimbangkan dalam mengambil keputusan tersebut.

Baik childfree maupun pro-child tetap sama-sama harus mempersiapkan keuangan masa tua. Hal ini sesuai dengan pemahaman bahwa anak bukanlah tabungan masa depan dan anak tidak punya utang apa pun kepada orang tuanya.

Persiapan yang Harus Dilakukan

Lalu apa saja persiapan yang penting untuk dilakukan baik bagi orang-orang yang memilih childfree maupun tidak? Keduanya memang wajib mempersiapkan biaya hidup di masa depan. Berikut adalah beberapa persiapan yang perlu dilakukan:

  • Selalu Gunakan Anggaran Pengeluaran

Demi finansial yang mapan di masa depan, baik golongan childfree maupun non-childfree wajib selalu memakai anggaran pengeluaran. Setiap bulannya, Anda pasti punya pengeluaran rutin dan ini sebaiknya dibuat rencana anggaran.

Tujuannya agar pengeluaran lebih tertata dan nominal uang yang dikeluarkan juga masih terkontrol, tidak terlalu besar. Jika sudah terbiasa membuat anggaran seperti ini, maka akan jauh lebih mudah untuk mengontrol pengeluaran setiap bulan. Pada akhirnya pengeluaran akan jadi jauh lebih stabil.

  • Tentukan Target Dana Pensiun

Langkah berikutnya, segera tentukan target dana pensiun. Ini juga berlaku bagi penganut childfree maupun tidak. Bukankah keberadaan anak tidak akan berpengaruh pada kondisi Anda setelah berhenti bekerja nanti? Sudah pasti Anda akan tetap membutuhkan dana pensiun, baik Anda punya anak atau tidak.

Bagi orang-orang yang menganut non-childfree dan memutuskan untuk punya anak, apa pentingnya dana pensiun? Banyak orang berpikir bahwa anak nantinya bisa menggantikan peran orang tua untuk mencari nafkah. Jadi tidak perlu susah-susah mempersiapkan dana pensiun.

Justru pemikiran inilah yang akan memicu munculnya generasi sandwich. Anak tidak punya kewajiban apa pun di masa depan untuk menanggung biaya hidup orang tuanya. Anda harus mulai mempersiapkan sendiri sejak dini dana pensiun yang akan dipakai sebagai pegangan hidup di masa depan nanti.

Sama halnya seperti mereka yang menganut childfree, sudah jelas harus mempersiapkan dana pensiun. Mulai saja dulu dengan menentukan berapa nominal yang ditargetkan.

  • Tingkatkan Pemasukan

Jika ingin finansial yang lebih mapan dan stabil di masa depan, maka tidak ada salahnya untuk mulai meningkatkan pemasukan. Anda bisa menambah sumber pemasukan dengan berbagai macam cara. Misalnya dengan melakukan pekerjaan sampingan, mengerjakan proyek freelance, dan masih banyak lagi.

Secara teori, jika pemasukan Anda bertambah maka kesejahteraan hidup juga akan meningkat. Ini bisa berlaku bagi penganut childfree maupun tidak. Dua-duanya sama-sama perlu meningkatkan pemasukan sehingga semua kebutuhan hidup bisa lebih mudah terpenuhi.

Sebaiknya hal ini dilakukan sejak awal dan sedini mungkin. Selagi masih muda dan punya cukup banyak energi serta peluang, langsung saja tingkatkan pemasukan Anda. Lakukan hal-hal yang tepat agar pendapatan bisa meningkat. Bahkan Anda bisa mulai merintis bisnis sampingan sendiri.

  • Siapkan Akun Khusus untuk Dana Darurat

Ada persamaan antara orang-orang yang memilih childfree dan non-childfree yaitu harus memiliki dana darurat. Simpanan dana darurat ini memang bersifat wajib dan sangat penting untuk dimiliki.

Entah Anda punya anak atau tidak, tetap disarankan untuk segera mempersiapkan kebutuhan dana darurat. Hal ini penting dilakukan terutama jika Anda tidak ingin stabilitas finansial terganggu.

Setiap orang pasti punya risiko mengalami kondisi-kondisi darurat tertentu. Jika tidak ada persiapan dana darurat, maka akan sulit untuk menghadapi hal-hal tersebut. Sebaliknya, kalau tidak ada dana darurat pasti mengambil uang tabungan dan bisa mengganggu stabilitas finansial.

  • Mulailah Berinvestasi

Penting sekali bagi kelompok childfree maupun non-childfree untuk mulai berinvestasi. Ini adalah kunci penting yang akan membantu Anda mendapatkan kesejahteraan hidup dan stabilitas finansial. Entah itu ada anak di dalam kehidupan Anda atau tidak.

Investasi dilakukan untuk kepentingan diri sendiri dan demi mendapatkan kemerdekaan finansial di masa depan. Jadi tidak perlu ragu harus berinvestasi atau tidak jika tidak punya anak, jawabannya ya tetap harus!

Pilihlah instrumen investasi yang tepat sesuai profil risiko. Obligasi bisa jadi pilihan tepat apalagi jika ingin investasi jangka panjang.

Definisi Obligasi adalah surat utang yang dikeluarkan oleh pemerintah atau korporasi dan bisa memberi profit bagi Anda. Profitnya bisa dalam bentuk kupon dan capital gain, yaitu selisih antara nilai jual dan beli Obligasi itu sendiri.

Investasi Jenis Obligasi untuk Persiapan Masa Tua

Persiapan dana di masa tua memang menjadi poin yang sangat penting untuk dilakukan, baik bagi orang-orang yang childfree maupun tidak. Investasi Obligasi bisa jadi pilihan tepat untuk mempersiapkan kebutuhan dana tersebut.

DBS Treasures adalah perbankan prioritas yang akan memberi Anda kemudahan investasi bagi Anda dalam beragam jenis Obligasi. Berikut adalah beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan:

  • Kupon Reguler

Instrumen investasi Obligasi di DBS Treasures akan memberikan Anda kupon reguler dalam periode waktu tertentu. Kupon diberikan oleh pihak penerbit Obligasi yang dibayarkan secara berkala.

  • Potensi Profit dari Capital Gain

Anda bisa menerima profit lain dari capital gain. Potensi profit ini bisa diperoleh jika Anda menjual Obligasi yang harganya naik di atas harga beli sebelum jatuh tempo.

  • Kupon yang Kompetitif

Anda akan menerima kupon dengan nilai yang kompetitif dan menguntungkan. Nilai kupon berada di atas rata-rata bunga Deposito berjangka.

  • Tidak Memiliki Biaya Tambahan

Investor tidak perlu membayar biaya tambahan apa pun. Hanya ada spread atau selisih nilai jual dan beli.

  • Transaksi Fleksibel

Proses transaksi dan investasi Obligasi bisa lebih mudah dilakukan 24/7 lewat Aplikasi digibank by DBS. Anda akan menemukan banyak pilihan Obligasi yang bisa diperjualbelikan.

DBS Treasures ini akan menjadi pilihan mitra manajemen kekayaan tepat yang mendukung Anda untuk agar yakin mendapatkan profit investasi Obligasi secara optimal. Ada beragam jenis Obligasi yang tersedia dan bisa dipilih sesuai profil risiko masing-masing. Langsung saja dapatkan informasi lebih lengkapnya di sini.

513