Home Sumbagsel Tol Kapal-Betung Ditarget Beroperasi pada Juni 2023

Tol Kapal-Betung Ditarget Beroperasi pada Juni 2023

Palembang, Gatra.com - Progres pembangunan jalan tol Kayuagung - Palembang (Kapal) - Betung di wilayah Sumatera Selatan (Sumsel) hingga kini terus dikebut. Jalan tol tersebut ditarget akan beroperasi pada Juni 2023 mendatang.

Gubernur Sumsel, Herman Deru, mengatakan dari hasil informasi yang diterimanya ditargetkan tol Kapal Betung, khususnya ruas Kayuagung - Palembang - Banyuasin dapat dioperasikan pada tahun ini.

“Ya, targetnya bulan Juni sudah bisa soft launching. Tapi, mungkin juga bisa sampai Agustus nanti karena cuaca buruk yang terjadi belakangan ini cukup mengganggu pengerjaan proyek ini,” ujarnya di Palembang, Selasa (24/1).

Deru pun telah memastikan langsung progres pembangunan ruas tol tersebut. Keberadaan jalan tol itu diharapkan dapat menjawab keluhan masyarakat yang kerap mengalami kemacetan di ruas jalan Palembang - Banyuasin.

Selain itu, Deru juga meminta kepada PT Waskita Toll Road untuk mempercepat pembangunan ruas tol tersebut sehingga bisa segera dioperasikan.

“Beroperasinya tol ini tentu sangat ditunggu masyarakat. Apalagi, kita tahu setiap saat sepanjang 22 KM ruas jalan mulai dari Palembang ke Banyuasin kerap terjadi kemacetan. Kami minta PT Waskita mempercepat progres pembangunannya,” katanya.

Dikatakanya, keberadaan ruas tol tersebut dapat mempercepat mobilitas masyarakat. “Terlebih, jalan tol dimanfaatkan bukan sekedar jalan alternatif, tapi sudah jadi kebutuhan. Salah satunya untuk memperpendek waktu tempuh, sehingga distribusi kebutuhan dapat lebih cepat,” ujarnya.

Karena itu, Deru berharap agar sinergitas antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) terus ditingkatkan.

“Tol ini merupakan bukti sinergitas yang baik, mulai dari Pemerintah Pusat, Pemprov dan Pemkab. Saya harap kerja sama ini dapat terus terjalin dengan baik, termasuk peran dari masyarakat juga dibutuhkan,” katanya.

192