Home Olahraga Usai Gelar KLB, PSSI Bentuk Kepengurusan Baru

Usai Gelar KLB, PSSI Bentuk Kepengurusan Baru

Jakarta, Gatra.com - Kongres Luar Biasa (KLB) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menghasilkan kepengurusan baru periode 2023-2027. Digelar di Jakarta, Kamis (16/2), satu ketua umum (ketum), dua wakil ketua umum (waketum), serta 12 anggota komite eksekutif telah terpilih.

Erick Thohir menjadi Ketum usai meraih 64 suara dari total 86 voters. Suara dominan ini berhasil menggugurkan empat calon lainnya, yakni AA LaNyalla Mattalitti (22 suara), Doni Setiabudi (0 suara), Arif Putra Wicaksono (0 syara), serta Fary Djemi Francis yang memilih mengundurkan diri pada Rabu (15/2) malam dan menyatakan akan mendukung Erick Thohir.

"Saya ucapkan terima kasih. Kepada yang tidak terpilih, Anda adalah bagian dari kita semua," ucap Erick saat membacakan pidato di penghujung KLB, Kamis (16/2).

Erick menegaskan bahwa kemenangan ini bukanlah kemenangan sebenarnya. Ketika sepak bola Indonesia menjadi lebih baik lagi, maka kemenangan yang sesungguhnya akan diraih.

Baca Juga: Nama Thomas Tuchel Mencuat Usai Chelsea Kalah dari Dortmund, Todd Boehly Berani Pecat Potter?

"Kemenangan adalah ketika tim nasiomal kita bisa mengangkat juara di sebuah kompetisi. Yakinlah kalau kita bersatu, bersama, lupakan perbedaan, cari persatuan, Insyaallah kita bisa wujudkan kemenangan Indonesia," ujarnya.

Sementara itu, waketum PSSI terpilih adalah Ratu Tisha yang meraih 54 suara, serta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali. Yunus Nusi yang meraih suara lebih banyak (53 suara) dibandingkan Zainudin (44 suara) memilih untuk mengundurkan diri.

Hingga putaran pertama, tujuh anggota komite eksekutif telah dipilih. Nama Muhammad (56 suara) dan Eko Setiawan (52 suara) menjadi dua nama dengan pemilih terbanyak sebelum jeda.

"Tidak menyangka ternyata teman-teman voters percaya sama yang muda. Ke depan kami mau memajukan sepak bola Indonesia," ucap Muhammad.

Baca Juga: Arsenal Lengser dari Puncak Klasemen, Arteta Belum Menyerah

Eko juga mengaku bersyukur telah diberi kepercayaan untuk membangun PSSI. Sebagai sosok muda, ia menyatakan akan terus berkoordinasi dengan Erick sebagai Ketum PSSI untuk menyampaikan gagasan.

"Tugas kami memberi saran, masukan, gagasan program bagi ketum. Artinya, kami juga akan berkoordinasi dengan ketum. Kami yang masih muda kemudian akan memberi warna tersendiri bagi PSSI ke depan," ungkapnya.

Lima nama lain terpilih usai jeda dilakukan. Dengan ini, maka kepengurusan PSSI telah lengkap. Berikut hasil lengkapnya:


Ketua Umum PSSI:

Erick Thohir (64 suara)


Wakil Ketua Umum:

Ratu Tisha (54 suara)

Zainudin Amali (44 suara)


Anggota Komite Eksekutif PSSI:

Eko Setiawan (52 suara)

Endri Erawan (49 suara)

Juni Rahman (49 suara)

Muhammad (56 suara)

Rudi Yulianto (51 suara)

Sumardji (44 suara)

Vivin Cahyani (46 suara)

Pieter Tanuri (60 suara)

Arya Mahendra (58 suara)

Khairul Anwar (56 suara)

Ahmad Riyadh (54 suara)

Hasnuryadi Sulaiman (48 suara)

54