Home Teknologi Inovasi Kendaraan Listrik Saingi Tesla, Toyota Luncurkan Teknologi Baterai Baru

Inovasi Kendaraan Listrik Saingi Tesla, Toyota Luncurkan Teknologi Baterai Baru

Tokyo, Gatra.com - Toyota akan memperkenalkan baterai solid-state berkinerja tinggi dan teknologi lainnya untuk meningkatkan jangkauan mengemudi dan memangkas biaya kendaraan listrik (EV) masa depan. 

Reuters, Selasa (13/6) melaporkan, langkah yang dikatakan pembuat mobil itu adalah sebuah poros strategis yang membuat sahamnya naik lebih tinggi.

Peta jalan teknologi raksasa Jepang, yang mencakup berbagai aspek seperti pengembangan baterai generasi mendatang, dan desain ulang pabrik yang radikal, merupakan pengungkapan penuh pembuat mobil mengenai rencananya untuk bersaing, di pasar yang tumbuh cepat ketika kendaraan listrik Toyota tertinggal dari para pesaing yang dipimpin Tesla.

Adanya rencana tersebut muncul sehari sebelum rapat pemegang saham tahunan, di mana tata kelola dan strategi - termasuk poros lambat ke EV baterai di bawah mantan CEO Akio Toyoda - akan diteliti.

Baca Juga: Toyota Pamerkan 35 Model Termasuk Mobil Listrik Terbaru

Saham pembuat mobil terlaris di dunia itu pun melonjak 5 persen pada hari itu menjadi 2.173 yen, tertinggi sejak Agustus.

Toyota mengatakan akan meluncurkan baterai lithium-ion generasi mendatang, mulai tahun 2026 dan menawarkan jangkauan yang lebih jauh dengan pengisian daya yang lebih cepat.

Itu juga meneriakkan "terobosan teknologi" yang mengatasi masalah daya tahan dalam baterai solid-state, dan mengatakan sedang mengembangkan cara untuk memproduksi baterai tersebut secara massal, menargetkan komersialisasi selama 2027 hingga 2028.

Baca Juga: Pakai Mobil Listrik Diklaim Lebih Hemat dan Ramah Lingkungan, Begini Perhitungan Versi PLN

Baterai solid-state dapat menyimpan lebih banyak energi daripada baterai elektrolit cair saat ini. Pembuat mobil dan analis mengharapkan mereka dapat mempercepat transisi ke EV, untuk mengatasi masalah utama konsumen: Soal keterjangkauan.

Namun, tetap saja, baterai semacam itu masih mahal dan kemungkinan akan bertahan selama bertahun-tahun. 

Toyota akan melakukan perlindungan nilai dengan baterai lithium besi fosfat yang berkinerja lebih baik, alternatif yang lebih murah untuk baterai lithium-ion, yang telah mendorong adopsi EV di China ---pasar kendaraan terbesar di dunia.

Di pasar kelas atas, Toyota mengatakan akan memproduksi kendaraan listrik dengan baterai lithium-ion yang lebih efisien, yang menawarkan jangkauan 1.000 km. Sebagai perbandingan, versi jarak jauh dari Tesla Model Y bertenaga lithium-ion, kendaraan listrik terlaris di dunia, dan dapat menempuh jarak sekitar 530 km berdasarkan standar AS.

“Kendaraan listrik yang ditenagai oleh baterai solid-state akan memiliki jangkauan 1.200 km dan waktu pengisian hanya 10 menit,” kata Toyota. Sebagai perbandingan, jaringan Supercharger Tesla - yang terbesar dari jenisnya - menawarkan daya setara dengan 321 km dalam 15 menit.

Toyota tidak merinci perkiraan biaya atau investasi yang dibutuhkan untuk rencana tersebut.

Baca Juga: Harga Bisa Turun 32%, Menko Luhut: Pengumuman Insentif Mobil Listrik Mulai 1 April 2023

Insinyur di pembuat mobil telah mempertimbangkan untuk me-reboot strategi EV-nya sejak tahun lalu, untuk bersaing dengan lebih baik.

Peta jalan yang dirinci itu menunjukkan bahwa di bawah CEO baru Koji Sato, Toyota telah mengadopsi banyak perombakan yang telah dikembangkan oleh para insinyur dan perencana sebagai opsi selama berbulan-bulan.

Itu termasuk penggunaan gardan listrik dan teknologi lain dari pemasok seperti Aisin dan Denso.

"Yang ingin kami capai adalah mengubah masa depan dengan BEV," kata presiden unit baru Toyota EV BEV Factory, Takero Kato, dalam sebuah video yang diposting di saluran YouTube, pembuat mobil tersebut pada hari Selasa.

Teknologi Perakitan Baru

Toyota mengatakan sedang mengembangkan platform EV khusus untuk mengurangi biaya model baru, dan jalur perakitan otomatis yang akan menghilangkan sistem ban berjalan, untuk menentukan produksi mobil sejak Henry Ford lebih dari 100 tahun yang lalu.

Di jalur perakitan Toyota yang "bergerak sendiri", mobil yang sedang diproduksi akan berjalan sendiri melalui proses tersebut.

Ia juga mengatakan akan menggunakan pengecoran Giga, untuk memangkas biaya produksi, mengadopsi inovasi yang dipelopori oleh Tesla dengan menggunakan mesin pengecoran aluminium besar-besaran, untuk mengurangi kompleksitas kendaraan.

Koji Endo, analis senior di SBI Securities, merasa terkejut dengan langkah Toyota untuk mengimbangi keunggulan Tesla dalam efisiensi produksi. 

"Saya belum yakin Toyota bisa melakukan serangan balik, tapi bersiap untuk mencoba," katanya.

Baca Juga: HItung-hitungan Cicilan Mobil Listrik Toyota

“Pabrik BEV Toyota, didirikan pada bulan Mei, bertujuan untuk memproduksi sekitar 1,7 juta kendaraan pada tahun 2030,” kata Kato - sekitar setengah dari 3,5 juta kendaraan listrik yang ingin dijual Toyota setiap tahun pada tahun itu.

Pada bulan April, pembuat mobil menjual 8.584 kendaraan listrik di seluruh dunia, termasuk di bawah merek Lexus-nya, terhitung lebih dari 1 persen penjualan globalnya dalam satu bulan untuk pertama kalinya.

Toyota menjual hampir 10,5 juta kendaraan pada tahun 2022, dan memiliki nilai pasar sekitar US$254 miliar. 

Sebaliknya, Tesla menjual seperdelapan lebih banyak kendaraan namun bernilai sekitar US$791 miliar. Premi yang mencerminkan kepercayaan investor terhadap potensi pertumbuhan Tesla.

Toyota telah lama mengatakan ingin menawarkan kepada konsumen pilihan kendaraan energi baru, termasuk hibrida bensin-listrik dan sel bahan bakar hidrogen serta EV baterai, sebagai bagian dari transisi industri dari kendaraan bertenaga bensin.

282