Home Olahraga Pelatih Argentina Puji Penampilan Timnas dan Dukungan Suporter Indonesia

Pelatih Argentina Puji Penampilan Timnas dan Dukungan Suporter Indonesia

Jakarta, Gatra.com - Pelatih tim nasional Argentina, Lionel Scaloni, memuji permainan timnas serta dukungan publik Indonesia pada laga FIFA Matchday di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin malam (19/6).

Meski anak asuhnya mampu menutup laga dengan kemenangan 2 gol tanpa balas, Scaloni menilai pertandingan kontra Indonesia bukan laga yang terbilang mudah lantaran timnas mampu menyajikan penampilan yang baik.

"Laga memang seperti yang kita prediksi, tidak akan mudah, tetapi para pemain tetap melakukan yang terbaik, dan laga lawan Indonesia pun tidak berbeda bagi pemain kami, dan harus diakui laga ini sulit karena kami tidak memainkan beberapa pemain inti," ujar Scaloni dalam sesi konferensi pers usai laga.

“Sungguh tidak mudah bagi kami saat bertanding melawan Indonesia. Jadi lanjutkan permainan baik itu, sekaligus saya juga mau mengapresiasi dukungan para suporter Indonesia," katanya.

Tak hanya memuji timnas, Scaloni turut mengapresiasi permainan anak asuhnya yang solid meski sempat terkendala faktor cuaca di Asia. Di sisi lain, ia pun kagum atas antusiasme suporter Tanah Air dalam mendukung timnas.

“Saya puas dengan performa tim, dengan cuaca tadi, dan suporter Indonesia, saya mengapresiasi suporter mereka,” ujarnya.

Sementara Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY), mengapresiasi mental para pemainnya saat melawan kampiun Piala Dunia 2022 tersebut. Terlebih, dalam laga ini STY turut menerjunkan sejumlah pemain muda antara 18-23 tahun untuk mendapat kesempatan bermain.

“Memang iya Argentina memiliki permainan yang sangat baik, tetapi secara permainan dan mentalitas Indonesia tidak kalah jauh dengan Argentina. Untuk itu saya ucapkan terima kasih kepada para pemain atas kerja keras mereka," katanya.

STY menambahkan walau kemasukan dua gol, lini pertahanan Indonesia sangat baik dan mampu menahan serangan tim Tango sehingga tidak banyak peluang serangan tercipta dari tim lawan.

Lini belakang Timnas Indonesia mampu tampil sangat solid. Elkan Baggott dan Rizky Ridho yang bertugas sebagai bek tengah mampu menahan gempuran serangan dari Argentina.

Asnawi Mangkualam, Shayne Pattynama, dan Pratama Arhan yang berada di kedua sisi sayap Timnas Indonesia turut berjibaku menghalau setiap upaya serangan yang dilancarkan Tim Tango.

Selain itu, setidaknya ada dua momen ketika Timnas Indonesia memberikan ancaman ke gawang Argentina. Pertama, lewat sambaran Ivar Jenner yang ditepis Emiliano Martinez.

Kiper Aston Villa itu kembali melakukan penyelamatan di awal babak kedua. Sundulan Elkan Baggott memanfaatkan lemparan jarak jauh Pratama Arhan digagalkan Martinez sambil menjatuhkan badan.

Shin Tae-yong berharap pengalaman bertanding dengan Argentina dapat menjadi bekal yang baik untuk Timnas Indonesia ke depannya. Skuad Garuda ditunggu dua agenda penting, yakni babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Oktober nanti dan putaran final Piala Asia 2023 di Qatar yang dilangsungkan pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024.

"Dengan pengalaman seperti ini, bagus sekali sebagai motivasi bagi pemain ke depannya untuk berkembang. Saya mengucapkan terima kasih [ke PSSI] karena sudah mengundang Argentina," tutur Shin.

145