Home Nusantara Pengguna Transportasi Umum BRT Si Tayo dan Si Benteng Bisa Bayar Cashless

Pengguna Transportasi Umum BRT Si Tayo dan Si Benteng Bisa Bayar Cashless

Jakarta, Gatra.com - Para pengguna transportasi umum  atau bus rapid transit (BRT) di Kota Tangerang, Banten yang dikenal dengan nama Si Tayo dan Si Benteng kini bisa melakukan pembayaran non-tunai atau cashless. Kemudahaan pembayaran ini akan disegera diralisasikan dalam waktu dekat. “Peresmian penggunaan sistem cashless tersebut akan berlangsung dalam waktu dekat. Target PT TNG (Tangerang Nusantara Global) di pertengahan Agustus ini sudah bisa digunakan sistem cashless ini. Semoga bisa lebih cepat," kata Direktur Utama PT TNG, Edi Candra dalam rilis yang diterima Gatra.com, Rabu (19/7).

 

Sebelumnya, Senin 17 Juli lalu, telah dilakukan Penandantangan Perjanjian Kerjasama (PKS) penggunaan pembayaran non-tunai untuk transportasi umum BRT , si Tayo dan si Benteng. Penandatangan yang berlangsung di Kantor PT TNG, kota Tangerang ini melibatkan PT TNG dan empat bank terkemuka, yaitu Bank BCA, Bank Mandiri, Bank BNI, dan Bank BRI.

 

Dengan perjanjian ini, pengguna si Tayo dan si Benteng dapat melakukan pembayaran menggunakan layanan non-tunai yang disediakan oleh masing-masing bank. Bank BCA menyediakan Flazz, Bank BNI menyediakan TapCash, Bank Mandiri menyediakan E-Money, dan Bank BRI menyediakan Brizzi.

 

"PKS ini diharapkan dapat menambah kemudahan transaksi pembayaran pada transportasi Kota Tangerang, bukan hanya dapat melalui Qris saja, namun juga dapat menggunakan kartu uang elektronik yang di tap pada alat yang akan dipasang pada setiap bus," ungkap Edi.

 

Selain penandatanganan PKS, PT TNG saat ini sedang melengkapi mesin-mesin yang akan mendukung transaksi non-tunai ini. Mesin-mesin tersebut akan dipasang pada 80 unit Si Benteng dan 40 unit BRT (Si Tayo) yang beroperasi di Kota Tangerang. Edi mengimbau kepada para penumpang BRT dan Si Benteng agar serius dalam komitmennya untuk tidak lagi menggunakan pembayaran tunai.

 

"Kami PT TNG sebagai pengelola, mengimbau masyarakat atau penumpang baik Si Benteng maupun Tayo atau BRT Kota Tangerang, untuk melakukan pembayaran secara non tunai. Baik menggunakan Qris maupun cashless pada empat bank yang telah bekerjasama hari ini," ujarnya.

 

218