Home Nasional PMI Resmi Tutup Operasi Penanganan Pandemi COVID-19

PMI Resmi Tutup Operasi Penanganan Pandemi COVID-19

Jakarta, Gatra.com - Palang Merah Indonesia (PMI) didukung oleh Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit atau IFRC (International Federation of Red Cross and Red Crescent Societies), secara resmi menyelenggarakan acara penutupan operasi COVID-19.

Acara ini diselenggarakan untuk menyampaikan himpunan praktik baik penanganan COVID-19 sekaligus wujud dukungan PMI terhadap semangat pemerintah ke depan dalam mempersiapkan Indonesia agar lebih tangguh menghadapi pandemi dan lebih siaga terhadap krisis kesehatan di masa mendatang sebagaimana tercermin dalam Undang-Undang No.17 tentang Kesehatan tahun 2023.

"Pandemi COVID-19 memang telah berakhir. Namun, ini adalah awal yang baik bagi kita semua untuk menyatukan kekuatan melalui pembelajaran berharga dan praktik terbaik di era pandemi COVID -19 lalu, yang kiranya dapat mendukung pemerintah dalam membangun arsitektur kesehatan dan melakukan langkah konkrit menuju Indonesia yang lebih tangguh hadapi pandemi dan siaga krisis kesehatan di masa mendatang," ungkap Sekretaris Jenderal PMI A.M Fachir dalam acara penutupan operasi COVID-19 PMI di Gedung SMESCO, Senin (25/9).

PMI sebagai organisasi kemanusiaan di Indonesia telah berhasil melakukan berbagai upaya penanggulangan pandemi COVID-19 selama 3 tahun melalui layanan terhadap masyarakat untuk memutus mata rantai penularan dan mempercepat pemulihan dari pandemi COVID-19.

"Selain menutup secara resmi operasi penanganan pandemi COVID-19, acara ini juga menjadi ajang diskusi pembelajaran dari apa yang kita lakukan selama tiga tahun ini. Dan dari pembahasan kita tadi, sebetulnya belum selesai masih ada dan karena itu kita perlu melakukan kesiapsiagaan terhadap pandemi dan krisis kesehatan," timpalnya.

Reporter: Vanissa Marzaita Saleh