Home Gaya Hidup Hari Batik, Ratusan Siswa di Pati Membatik Massal

Hari Batik, Ratusan Siswa di Pati Membatik Massal

Pati, Gatra.com - Sebanyak ratusan siswa SD Muhammadiyah, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, kompak membatik di momen hari batik nasional, Senin (2/10). Kegiatan tersebut, digelar di halaman sekolahan.

Kepala SD Muhammadiyah Pati, Ahmad Sunarto mengatakan, sedikitnya 438 siswa dari kelas I - VI terlibat dalam proses membatik.

"Kegiatan ini untuk memperingati hari batik nasional. Kita punya siswa itu 438 dan kita bagi kelompok. Setiap kelompok ada empat siswa, sehingga ada 110 taplak meja yang kita buat batik hari ini," ujarnya.

“Nantinya kain taplak karya anak didik SD Muhammadiyah itu, dimanfaatkan untuk mempercantik sekolahan. Selain dipamerkan,” tambahnya.

Sunarto mengungkapkan, dalam menyelenggarakan perhelatan itu, ia sengaja menggandeng produsen Batik Bakaran, Yuliati Warno. Agar siswa juga bisa belajar membatik yang baik dan benar. Sekaligus diperkenalkan batik Bakaran khas Pati.

Baca Juga: Warga Sumenep Dilatih Membatik Teknik Ecoprint

"Ini juga salah satu implementasi kurikulum merdeka. Di momen ini, hari batik nasional kita membatik massal. Semoga siswa mengetahui cara dari awal sampai akhir," tuturnya.

Khansa Salsabila Saputra, siswi kelas VI mengaku sangat senang bisa ikut gabung dalam proses membatik secara massal. Ia mengaku baru kali pertama memegang canting.

"Baru pertama ini. Senang sekali bisa mendapatkan ilmu membatik. Diperkenalkan batik Bakaran juga, jadi tahu kalau kita juga punya batik khas yang sudah mendunia," sebutnya.

39