Home Pendidikan Menteri Agama Tunjuk Nizar Ali Jadi Plt Rektor UIN Walisongo

Menteri Agama Tunjuk Nizar Ali Jadi Plt Rektor UIN Walisongo

Semarang, Gatra.com – Kementerian Agama (Kemenag) RI menunjuk Prof. Dr. Nizar, M.Ag., sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Rektor UIN Walisongo. 

Hal ini berdasarkan Surat Perintah Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas Nomor 116244/B.II/3/2023. 

Saat ini, Nizar tercatat sebagai Sekretaris Jenderal Kemenag. Dia akan mengisi kekosongan Rektor UIN, karena masa jabatan Prof. De. Imam Taufiq, M.Ag., telah habis. Nizar akan bertugas sampai dengan ditetapkan dan dilantiknya pejabat Rektor yang difinitif. 

Baca Juga: Kementerian Keuangan Site Visit Pembiayan IsDB di UIN Walisongo

Prof. Dr. Imam Taufiq,M.Ag menjabat Rektor UIN Walisongo Semarang periode 2019-2023. Dalam masa kepemimpinannya Prof Imam berhasil membawa UIN Walisongo mendapatkan prestasi tertinggi sebagai Badan Publik Informatif dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik di tahun 2022 oleh Komisi Informasi Pusat(KIP). 

UIN Walisongo juga menempati peringkat ketiga tertinggi untuk kategori perguruan tinggi dan lembaga paling informatif PTKIN. 

Saat pengukuhan 7 Guru besar di Riau, Nizar Ali menekankan peran guru besar yang diharapkan membawa perubahan signifikan di bidang akademik dan non akademik.

Baca Juga: 1.807 Mahasiswa UIN Walisongo Diwisuda, Jiwa Pembelajar Tak Boleh Putus

Penelitian yang dilakukan oleh guru besar harus bermanfaat di tengah masyarakat, dan menjadi solusi alias jalan keluar. Dia juga mengajak guru besar menjadi duta moderasi beragama yang senantiasa menggaungkan Islam Rahmatal lil’alamin Islam yang Moderat.

UIN Walisongo sendiri, sebelumnya menambah lima belas guru besar di berbagai bidang keilmuan dan keagaamaan yang dapat memperkuat dan mengangkat reputasi akademik.

70