Home Pendidikan Pemerintah Gandeng Australia Perkuat Kerja Sama Pendidikan dan Riset Menuju Indonesia Emas 2045

Pemerintah Gandeng Australia Perkuat Kerja Sama Pendidikan dan Riset Menuju Indonesia Emas 2045

Jakarta, Gatra.com - Pemerintah melalui Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) berkerja sama dengan Pemerintah Australia di bidang Pengetahuan, Teknologi, dan Inovasi dalam program Koneksi.

Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat dan Kebudayaan Bappenas, Amich Alhumami mengatakan, hubungan bilateral antara Indonesia dan Australia telah terjalin sangat baik, melalui kemitraan strategis selama 72 tahun. Kerja sama strategis antara kedua negara yang dilaksanakan diberbagai sektor dan bidang berdampak signifikan pada proses pembangunan yang memberi manfaat secara timbal balik.

“Salah satu kerja sama penting antara Pemerintah Australia dan Pemerintah Indonesia adalah dibidang peningkatan kualitas SDM dan pengembangan iptek yang sejalan dengan visi Indonesia Emas 2045,” kata Amich dalam sambutanya di acara Peluncuran Program Kemitraan Kolaborasi Pengetahuan dan Inovasi Australia-Indonesia pada Senin (13/11).

Adapun, Amich juga mengatakan, program kemitraan Australia dan Indonesia untuk kebijakan dan inovasi inklusif bertujuan untuk memperkuat kemitraan kedua negara yang melibatkan pergururan tinggi, lembaga riset, komunitas ilmuan dan masyarakat akademia di kedua negara, sebagai upaya membangun budaya ilmiah dan pengembangan iptek.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa, Program Koneksi memiliki relevansi tinggi di dalam dua hal, yang pertama adalah dalam perkembangan riset ilmiah untuk melahirkan pengetahuan baru dan penciptaan teknologi untuk pembangunan inklusif dan berkelanjutan. Kemudian yang kedua adalah dalam pengembangan riset kebijakan yang diperlukan untuk proses perencanaan berbasis bukti untuk mendukung penyuusunan rancangan teknologi pembangunan.

“Program koneksi tekah berkontribusi untuk menperkuat pilar transpormasi Indonesia,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Duta Besar Australia untuk Indonesia Penny Williams mengatakan, program Koneksi dapat memperkuat hubungan antara individu dan institusi. Kerja sama ini terbukti memperkuat hubungan kedua negara dalam pembangunan.

“Australia dan Indonesia telah memjadi sahabat dekat, tetangga, dan mitra pembangunan strategis sejak lama. Kita telah banyak bekerja sama di sektor pendidikan, riset dan inovasi. Kerja sama ini terbukti memperkuat hubungan kedua negara,” ujarnya.

Kerja sama kedua negara ini, kata Penny, telah menberikan kontribusi kepada sektor kunci seperti kesehatan, pertanian, perubahan iklim dan lingkungan hidup.

201