Home Nasional BAZNAS RI Menerima Donasi Kemanusiaan Palestina dari Danone Indonesia

BAZNAS RI Menerima Donasi Kemanusiaan Palestina dari Danone Indonesia

Jakarta, Gatra.com - Badan Amil Zakat Nasional Republik Indonesia (BAZNAS RI) menerima penyaluran donasi kemanusiaan untuk Palestina dari Danone Indonesia. Donasi yang berjumlah Rp500 juta tersebut diserahkan secara simbolis di Gedung BAZNAS RI di Jakarta, Jumat (24/11).

Sustainability Director Danone Indonesia, Karyanto Wibowo, mengungkapkan keprihatinannya atas bencana kemanusiaan yang terjadi terhadap rakyat Palestina di Gaza.

“Kami merasa prihatin dan berupaya untuk mendukung semaksimal mungkin dan semoga dapat meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Palestina,” ujarnya.

Karyanto menjelaskan, donasi ini berasal dari karyawan Danone Indonesia yang berjumlah 13 ribu orang. Penggalangan dana dilakukan oleh karyawan muslim Danone yang tergabung dalam Karyawan Muslim Aqua (Karisma)

"Donasi kita kumpulkan dari beberapa waktu yang lalu yang insyaallah masih akan terus berjalan oleh teman-teman dari Karisma, karyawan Islam Dankne Indonssia yang kami berharap ke depan akan terkumpul lagi donasi dari karyawan dan juga dari Danone Indonesia," jelas Wibowo.

Sementara itu, Wakil Ketua BAZNAS RI, Mo Mahdum, memastikan bahwa bantuan ini akan sampai ke rakyat Palestina. Ia menekankan bahwa penyaluran bantuan kemanusiaan Palestian melalui BAZNAS RI merupakan amanah yang besar.

"Ini amanah yang harus-harus benar sampai ke Palestina,” tuturnya.

Penyaluran bantuan kemanusiaan Palestina oleh BAZNAS RI, jelas Mo Mahdum, menggunakan tiga jalur, yakni melalui pemerintah RI, lalu melalui kerja sama dengan lembaga resmi di Mesir seperti Bulan Sabit Merah Mesir, Bayt Zakat dan Sedekah Mesir, dan Mishr Al-Kheir.

Ketiga, melalui kerja sama denngan lembaga swadaya dan kemanusiaan resmi di Palestina, seperti The United Nations Relief and Works Agency for Palestine Refugees in the Near East (UNRWA).

Sejauh ini, jelas Mo Mahdum, BAZNAS RI telah menyalurkan bantuan kemanusiaan Palestina sebanyak dua tahap melalui pemerintah yang sebelumnya dilepas oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan juga lewat kapal yang difasilitasi TNI Angkatan Laut.

Adapun donasi untuk Palestina yang terkumpul di BAZNAS RI hingga saat ini telah mencapai sekitar Rp100 miliar.

146