Home Pendidikan Lewat Komunitas, Ekosistem dan Talenta Digital Kini Makin Diperkuat

Lewat Komunitas, Ekosistem dan Talenta Digital Kini Makin Diperkuat

Jakarta Gatra.com - Dorongan terhadap perkembangan talenta digital di Indonesia terus dilakukan. Hal ini dinilai dapat menjadi pemantik tumbuhnya ekosistem digital di tanah air. Salah satu cara yang didorong untuk mengembangkan talenta digital yakni melalui komunitas.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Abdullah Azwar Anas, menyebut dorongan terhadap komunitas digital untuk mengembangkan ekosistem digital pun nantinya dapat mendukung kemajuan penerapan pemerintah digital. 

Masukan dan dukungan komunitas digital akan memastikan ekosistem digital kita terbentuk makin baik. "Digitalisasi sektor publik harus kian baik sebagaimana yang berjalan di sektor privat," ujar Anas dalam keterangannya, Selasa (5/12).

Ditambahkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) , Budi Arie Setiadi, upaya yang dilakukan oleh komunitas digital dalam rangka pengembangan ekosistem digital pun telah mendapat komitmen dan dukungan kuat dari pemerintah.

"Melalui berbagai regulasi, Harapannya upaya dapat menjaga ketahanan informasi kita agar semakin kuat, produktif, dan sehat, " jelas Arie.

Sementara itu, dorongan terhadap perkembangan ekosistem digital pun kini makin marak dilakukan melalui kolaborasi dengan berbagai komunitas digital di tanah air. Ketua Data Science Indonesia Nabil Badjri menyoroti, salah satu komunitas digutal yang kini telah terbentuk adalah Digital Alliance.

Kolaborasi yang erat dengan berbagai pihak ini diharapkan dapat menciptakan ekosistem yang produktif, inovatif, aman, dan inklusif untuk pengembangan talenta digital, sekaligus merespons kebutuhan pasar digital yang terus berkembang.

"Wadah ini juga menjadi landasan bagi komunitas-komunitas digital untuk bersatu dan berkolaborasi dalam mengembangkan talenta digital yang berkualitas," tutur dia.

Digital Alliance pun kini telah mewadahi komunitas yang bergerak di bidang data, software, design, dan produk serta telah memainkan peran penting sebagai pelopor dalam membentuk talenta digital. Komunitas ini pun mendapat dukungan penuh dari Telkomsel dalam upaya mengembangkan talenta digital.

“Kami percaya kolaborasi ini dapat menciptakan dampak yang signifikan dalam mengubah paradigma, memperkuat transformasi digital, dan menciptakan ekosistem yang mendukung bagi para talenta digital di Indonesia,” tutur VP People Business Partner Telkomsel Dudun A. F. Sidiq.

50