Home Pemilu 2024 TKN Sebut Prabowo-Gibran Akan Mengatasi Permasalahan Pertanian

TKN Sebut Prabowo-Gibran Akan Mengatasi Permasalahan Pertanian

Jakarta, Gatra.com - Anak muda sarjana pertanian yang tergabung dalam Alumni Pertanian Indonesia (API 02) mendeklarasikan dukungan untuk calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024.

Deklarator API 02, R.S Suroyo mengatakan alasan pihaknya mendukung Prabowo-Gibran lantaran paslon nomor urut dua tersebut memiliki komitmen besar untuk mensejahterakan petani.

Dia berharap, saat Prabowo-Gibran terpilih sebagai presiden dan wakil presiden RI, akan lahir regulasi dan kebijakan yang pro terhadap petani.

"Saat Prabowo-Gibran terpilih, kami mendukung terciptanya petani modern dengan modernisasi alat pertanian, mendukung penerapan smart farming, mendukung lahirnya UU Pertanian berkelanjutan, hingga hilirisasi pertanian untuk ciptakan nilai tambah," kata Suroyo di Rumah Kertanegara, Jakarta Selatan, Sabtu (3/2).

Suroyo mengatakan, pihaknya juga mendukung upaya Prabowo-Gibran dalam memutus ketergantungan terhadap impor. Salah satunya melalui kebijakan lumbung pangan nasional atau food estate.

"Kami yakin Prabowo-Gibran bisa mewujudkan swasembada pangan dan kesejahteraan petani melalui food setate," ujarnya. 

Deklarasi dukungandari API 02 secara resmi diterima oleh Komandan Bravo Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Budisatrio Djiwandono. Budi mengaku gembira menerima aktivis-aktivis muda sarjana pertanian yang datang untuk mendukung Prabowo-Gibran.

Budi mengatakan, pertanian menjadi salah satu sektor yang menyedot perhatian Prabowo Subianto. Kecintaan Prabowo terhadap dunia pertanian ditunjukkan sejak dirinya masih aktif sebagai perwira TNI sampai saat ini.

"Bicara kedaulatan pangan dan kedaulatan negara, inilah yang Pak Prabowo perjuangkan sejak beliau masih di TNI hingga setelah beliau pensiun. Pertanian adalah fokus dan kecintaan beliau sampai hari ini," ucap Budi.

Budi mengatakan, sektor pertanian tengah menghadapi tantangan besar. Mulai dari ancaman alih fungsi lahan, fluktuasi harga komoditas pertanian, ketersediaan pupuk murah untuk petani, hingga perubahan iklim yang memengaruhi produktivitas lahan pertanian.

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI yang membidangi pertanian ini mengaku optimistis, di bawah kepemimpinan Prabowo-Gibran, berbagai persoalan yang menghantui sektor pertanain akan terurai. Sehingga sektor tersebut bisa memberikan kontribusi besar terhadap perekonomian nasional.

"Kami percaya hanya pasangan calon 02 yang paham, mengerti, dan bisa mengimplementasikan penyempurnaan di sektor pertanian. Saat Prabowo-Gibran dilantik, teman-teman anak-anak muda sarjana pertanian yang hadir hari ini yang akan berpartisipasi aktif membantu wujudkan kedaulatan pangan di Indonesia," kata Budi.

26