Home Politik Ganjar: Proses Hak Angket DPR Tinggal Tunggu Administrasi

Ganjar: Proses Hak Angket DPR Tinggal Tunggu Administrasi

Jakarta, Gatra.com - Calon presiden (Capres) Ganjar Pranowo mengatakan, proses pengajuan hak angket di DPR terkait Pemilu 2024 hanya menunggu proses administrasinya saja.

Meski demikian, mengingat dirinya dan calon wakil presiden (cawapres) Mahfud MD bukan anggota DPR, Ganjar menyerahkan seluruh proses ini kepada pihak partai politik pengusung dan para anggota yang berada di parlemen.

“Kami menyerahkan kepada kawan-kawan yang ada di parlemen. Rasanya sudah siap mereka, tinggal proses administratifnya,” ucap Ganjar Pranowo saat konferensi pers di Posko Relawan Ganjar-Mahfud yang beralamat di Jalan Teuku Umar nomor 9, Jakarta, pada Kamis (21/3).

Ganjar tidak menjawab banyak ketika ditanya mengenai sikap partai PDIP terkait hak angket dan posisinya di pemerintahan selanjutnya.

“Soal sikap partai ke mana nanti partai yang akan memutuskan,” jawab Ganjar.

Meski demikian, Ganjar mengaku telah banyak berkomunikasi dengan para ketua umum partai pengusungnya terutama soal hasil Pemilu 2024.

“Kalau keputusan hari ini, kami sudah antisipasi lama. Komunikasi dengan intens dengan ibu (Mega),” lanjut Ganjar.

Ia pun mengatakan sikap Ketua Umum NasDem, Surya Paloh yang menyatakan telah menerima hasil Pemilu 2024 adalah hal yang lumrah. Meskipun, masyarakat menilai ada perbedaan sikap yang signifikan antara Surya Paloh dengan paslon yang diusungnya, yaitu Anies-Muhaimin yang baru saja memasukkan gugatan perkara perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) ke Mahkamah Konstitusi (MK) pada Kamis (21/3) siang tadi.

KPU telah mengumumkan paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pilpres 2024 pada Rabu (20/3) malam. Selain itu, KPU juga telah mengumumkan ada 8 parpol yang berhasil lolos ke parlemen, yaitu PDIP, Golkar, Gerindra, PKB, NasDem, PKS, Demokrat, dan PAN.

Proses penyerahan dokumen gugatan PHPU, baik Pilpres maupun Pileg masih dibuka hingga Sabtu (23/3). Timnas AMIN telah lebih dahulu memasukkan gugatan mereka ke MK pada Kamis (21/3) siang. Sementara, TPN Ganjar-Mahfud baru akan memasukkan gugatan antara hari Jumat atau Sabtu ini.

31