Home Internasional Otoritas Palestina Serukan AS Campur Tangan Cegah Invasi Israel ke Rafah

Otoritas Palestina Serukan AS Campur Tangan Cegah Invasi Israel ke Rafah

Yerusalem, Gatra.com - Otoritas Palestina meminta Amerika Serikat untuk “segera turun tangan”, untuk mencegah Israel menginvasi kota Rafah paling selatan di Gaza. 

Kantor berita resmi Palestina WAFA melaporkan pada hari Selasa (7/5).

Pasukan Israel menguasai perbatasan Rafah antara Gaza dan Mesir pada hari Selasa, dan tank-tank mereka didorong ke kota Rafah di Gaza selatan ketika mediator internasional berjuang untuk menemukan kesepakatan mengenai gencatan senjata antara Israel dan musuhnya, Hamas.

Hamas menuduh Israel berusaha merusak perundingan gencatan senjata yang berlangsung di Kairo dengan melancarkan serangan.

Badan-badan bantuan internasional mengatakan penutupan dua penyeberangan utama ke Jalur Gaza selatan, Rafah dan Kerem Shalom, telah memutus wilayah kantong Palestina dari bantuan luar, dan sangat sedikit toko yang tersedia di dalamnya.

Radio Tentara Israel mengumumkan pasukannya telah menguasai sisi Palestina di penyeberangan Rafah pada Selasa pagi, dan rekaman tentara menunjukkan tank-tank bergerak melewati kompleks tersebut dan bendera Israel dikibarkan di sisi Gaza.

Meskipun dunia internasional meminta Israel untuk menunda serangan terhadap Rafah, tank dan pesawat Israel juga menyerang beberapa daerah dan rumah di sana semalam. Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan serangan Israel di wilayah kantong tersebut telah menewaskan 54 warga Palestina dan melukai 96 lainnya dalam 24 jam terakhir.

27