Home Ekonomi Menko Airlangga Bertemu Dubes China Bahas Kerja Sama di Bidang Pengolahan Nikel

Menko Airlangga Bertemu Dubes China Bahas Kerja Sama di Bidang Pengolahan Nikel

Jakarta, Gatra.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melakukan pertemuan dengan Duta Besar China untuk Indonesia YM. Lu Kang di Kantor Kemenko Perekonomian dalam rangka mendorong peningkatan kerja sama Indonesia dengan China di berbagai bidang khususnya bidang ekonomi, perdagangan dan investasi.

Menko Airlangga mengataka bahwa, Indonesia akan menjajaki kerja sama pembangunan R & D Center antara UGM dengan CNGR Co.Ltd. Perusahaan CNGR merupakan perusahaan RRT yang berbasis di Guangxi, China dan memiliki teknologi baru dan mutakhir dibidang pengolahan nikel.

“Perusahaan ini juga telah melakukan investasi dalam pengolahan dan produksi nikel di Morowali, Sulawesi Tenggara,” kata Airlangga dalam keterangan resmi dikutip pada Rabu (15/5).

Lebih lanjut, dalam pertemuan ini Duta Besar China menyampaikan ucapan terima kasih yang mendalam atas dukungan dan kerja sama dari Kemenko Perekonomian sehingga kerja sama bilateral RI-RRT semakin erat dan meningkat di berbagai bidang.

Duta Besar China juga sekaligus berpamitan kepada Menko Airlangga karena masa penugasannya di Indonesia telah selesai dan akan digantikan oleh koleganya dari RRT.

Sebagaimana diketahui, China merupakan salah satu mitra dagang utama bagi Indonesia dimana total nilai perdagangan RI-RRT tahun 2023 sebesar US$127,8 miliar.

Neraca perdagangan kedua negara tahun 2023 telah menunjukkan keseimbangan dimana Indonesia mengalami surplus untuk pertama kalinya. Di tahun 2023, China juga merupakan investor terbesar kedua setelah Singapura dengan jumlah investasi sebesar US$7,4 miliar. Nilai tersebut menurun sekitar 9,7% dari US$8,2 miliar dolar pada tahun 2022.

 

23