Home Ekonomi HUT 108 Sleman, Pos Indonesia Dukung Peluncuran Prangko Seri Penanda Kota Buk Renteng

HUT 108 Sleman, Pos Indonesia Dukung Peluncuran Prangko Seri Penanda Kota Buk Renteng

Sleman, Gatra.com - Kabupaten Sleman memasuki usia ke-108 pada Rabu, 15 Mei 2024. Di momen itu, Pemerintah Kabupaten Sleman meluncurkan Prangko Seri Penanda Kota: ‘Buk Renteng’ dan buku 'Pesona Wisata Bumi Sembada' di Pendopo Parasamya, Kamis (16/5).

Peluncuran prangko seri penanda kota: Buk Renteng dan buku 'Pesona Wisata Bumi Sembada' resmi dilaksanakan dan disahkan Pemkab Sleman bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), dan PT Pos Indonesia. Kegiatan ini juga disaksikan oleh ketiga pihak serta perwakilan DPR RI dan masyarakat setempat.

PT Pos Indonesia (persero) atau Pos IND, turut mendukung peluncuran prangko seri penanda kota: Buk Renteng tersebut. BUMN tertua ini didapuk menjadi agen penjualan prangko untuk filatelis dunia. Pihak Pos IND pun menyatakan siap memasarkan dan menyebarkan prangko hingga ke pasar internasional.

"Tentu Pos Indonesia dalam hal ini sebagai channel. penjualan prangko di seluruh Indonesia dan juga channel penjualan untuk para filatelis yang tersebar di seluruh dunia," ucap Direktur Utama Pos Indonesia, Faizal Rochmad Djoemadi, dalam keterangan yang diterima pada Sabtu (18/5).

Faizal optimistis Prangko Seri Penanda Kota: Buk Renteng bisa melejit di dunia. Sebab, ia menilai prangko-prangko di Indonesia sangat diminati para filatelis luar negeri. Apalagi, Buk Renteng ini memiliki nilai sejarah dan keunikan.

"Jadi ternyata prangko-prangko di Indonesia sangat diminati di luar negeri. Karena unik dan tidak ada yang menyamai. Buk Renteng ini hanya ada di Sleman. Tidak ada di Jerman atau Amerika. Sehingga banyak sekali peminat kolektor-kolektor filatelis di seluruh dunia meminta kami untuk mengirimkan penjualan prangko ini," tutur Faizal.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, mengungkapkan kebahagiaan atas terlaksananya peluncuran prangko seri penanda kota: Buk Renteng dan buku 'Pesona Wisata Bumi Sembada ini. Ia menilai kehadiran prangko dan buku ini sangat penting untuk mempertahankan eksistensi sejarah sekaligus menjadi sarana pemasaran pariwisata yang dimiliki Kabupaten Sleman.

"Di tengah maraknya media informasi dan komunikasi yang serba cepat, kita diingatkan betapa pentingnya mendokumentasikan setiap informasi melalui media yang tak lekang zaman seperti buku dan prangko. Tidak bisa dimungkiri bahwa gambar-gambar yang terilustrasikan dan kalimat yang tersurat menjadi saksi perubahan sebuah kota dan tentu merekam perjalanan kehidupan masyarakat zaman itu," ujar Kustini.

"Dengan adanya buku Pesona Wisata Bumi Sembada dan prangko seri penanda kota, kita mendapatkan perspektif tentang pentingnya menciptakan jejak dokumentasi yang terus tak lekang untuk dikenang. Buku dan prangko ini merupakan media yang tepat karena keduanya menjadi media publikasi, juga menjadi benda yang dapat dikumpulkan menjadi koleksi," katanya.

40