Home Milenial Paus Fransiskus Tetapkan Pater Paulus Budi Kleden SVD Sebagai Uskup Agung Ende

Paus Fransiskus Tetapkan Pater Paulus Budi Kleden SVD Sebagai Uskup Agung Ende

Ende, Gatra.com –‎ Pemimpin Gereja Katolik sedunia, Paus Fransiskus, mengangkat Pater Dr Paulus Budi Kleden, SVD sebagai Uskup Agung Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Pengumuman itu disampaikan serentak pada Sabtu, 25 Mei 2024 waktu Roma.

Administrator Diosesan Keuskupan Agung Ende, Romo Yosef Daslan Moang Kabu, Pr secara resmi mengumumkan pengangkatan Pater Paul ini di Gereja Katedral Kristus Raja, Ende pada hari yang sama.

Pater Paulus Budi Kleden SVD saat ini sedang menjabat Superior Jenderal Socieitas Verbi Divini (Serikat Sabda Allah ) berkedudukan di Roma sejak 2018 hingga sekarang.

Pengangkatan Pater Paulus Biudi Kleden SVD mengisi kekosongan jabatan sejak Uskup Agung Ende, Mgr Vincetius Sensi Potokota, meninggal pada 19 November 2023 lalu di Rumah Sakit Santo Carolus Jakarta.

Nama Paulus Budi Kleden sudah tak asing lagi di kalangan akemisi di Provinsi NTT. Bahkan kini namanya sudah dikenal luas bukan saja sebagai imam Katolik tapi juga pengamat sastra dan kritikus sosial.

Pater Paulus Budi Kleden bergabung ke dalam kongregasi SVD pada tahun 1985 dan mengikrarkan kaul perdananya pada tahun 1987 dan kaul kekalnya pada tahun 1992.

Usai ditahbiskan pada 15 Mei 1993 sebagai Pastor, ditempatkan sebagai pastor pembantu di Paroki Larantuka. Beberapa bulan kemudian pada tahun yang sama ditugaskan menjadi imam Swiss, yakni sejak tahun 1993 hingga 1996.

Pada tahun 1996, Pater Paulus Budi Kleden ditugaskan gereja belajar di Universitas San Gabriel, Austria, mengambil studi teologi. Kemudian melanjutkan studi doktoralnya dalam bidang teologi sistematik di Universitas Albert Ludwig, Freiburg, Jerman, dan meraih gelar doktor pada tahun 2000.

Setelah menyelesaikan studinya di Swiss dan Jerman, Pater Budi kembali ke Indonesia menjadi dosen matakuliah Filsafat dan Teologi di Seminari Tinggi Ledalero, Maumere, Flores, NTT.

Pada tahun 2005 juga Pater Kleden terpilih sebagai Admonitor Provinsial, sebuah posisi yang dipegangnya hingga tahun 2007, sebelum akhirnya menjadi Wakil Superior Provinsial hingga tahun 2008. Pada tahun 2018 dipercayakan sebagai pimpinan umum Kongregasi Serikat Sabda Allah (SVD) sedunia berkedudukan di Roma hingga sekarang.

Pater Paulus juga selama ini dikenal sebagai pengamat sastra dan kritikus sosial dalam beberapa mata kuliah khusus di sekolah tinggi tersebut.

Hingga kini, Pater Budi sudah menulis lebih dari 12 judul buku dalam bidang teologi, sosial, dan filsafat. Ia sering kali menulis artikel-artikel sosial dan menjadi pembicara dalam berbagai seminar dan diskusi ilmiah publik di dalam maupun di luar negeri.

61