Home Ekonomi Inflasi Mei Capai 2,84%, Jokowi: Salah Satu yang Terbaik di Dunia

Inflasi Mei Capai 2,84%, Jokowi: Salah Satu yang Terbaik di Dunia

Jakarta, Gatra.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengklaim bahwa, capaian inflasi pada bulan Mei 2024 yang tercatat sebesar 2,83% secara tahuhan (year on year/yoy) menjadi salah satu yang terbaik di dunia.

Hal itu ia sampaikan dalam acara Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi tahun 2024, di Istana Negara, Jakarta Pusat yang berlangsung hari ini, Jumat (14/6).

“Bulan Mei lalu inflasi kita berada di 2,84 persen ini merupakan salah satu yang terbaik di dunia,” kata Jokowi.

“Kalau kita ingat di tahun 9 atau 10 tahun lalu, inflasi kita masih ada di angka 9,6 persen. Atas usaha kita, sekali lagi berada di angka 2,8 persen,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga mengapresiasi kinerja Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian yang terus mengupdate perkembangan inflasi di setiap daerah. Menurutnya, dalam kunjungan kerjanya di Daerah ia juga kerap bertanya kepada Pemerintah Daerah (Pemda) terkait perkembangan inflasi dan pertumbuhan ekonomi.

“Selalu saya tanyakan itu, supaya kita peduli terhadap sesuatu yang penting karena kalau inflasi kita naik misalnya 9,6 persen, pertumbuhan ekonomi kita diangka 5 persen, berat yang merasakan adalah rakyat,” imbuhnya.

Kepala negara itu mengaku senang dengan capaian inflasi yang tercatat 2,84% dan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I-2024 yang mencapai 5,11%.

“Sekarang inflasinya 2,84 persen, pertumbuhan ekonomonya 5,11 persen nah ini segar. Segar kalau seperti ini, tapi kita harus tetap hati-hati tidak boleh lengah, tantangan ke depan tidak mudah,” jelasnya.

10