Home Regional Pemprov Jateng Raih Penghargaan Tim Pengendali Inflasi Daerah Berkinerja Terbaik Tahun 2024

Pemprov Jateng Raih Penghargaan Tim Pengendali Inflasi Daerah Berkinerja Terbaik Tahun 2024

Jakarta, Gatra.com - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah meraih penghargaan sebagai Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) berkinerja terbaik untuk kategori provinsi di kawasan Jawa dan Bali pada TPID Award 2024.

Penghargaan tersebut diterima langsung Penjabat (Pj) Gubernur Jateng, Nana Sudajana dari Presiden Joko Widodo disela acara Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi Tahun 2024, di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat, (14/6).

Nana Sudjana menyatakan bersyukur, Jawa Tengah mendapatkan penghargaan ini. Menurutnya, penghargaan ini hasil kerja sama yang baik antara pemerintah provinsi, kabupaten/kota dengan instansi terkait seperti Bank Indonesia, Bulog hingga BUMD.

Baca Juga: Pemprov Jateng Gelar Borobudur Indonesia Expo 2024, Targetkan Transaksi Rp1 Miliar 

"Penghargaan ini suatu kebanggaan, dan tentunya  ini merupakan suatu keberhasilan bersama di Jawa Tengah," ujarnya.

Sebab, Pemprov Jateng berkolaborasi dengan berbagai instansi untuk bersama-sama menekan inflasi di wilayahnya. "Dalam hal pengendalian inflasi ini,  perlu ada kolaborasi dan kebersamaan yang terus kami lakukan," ucap Nana.

Sebagai informasi, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah, tercatat angka inflasi Jateng pada Mei 2024 secara year on year sebesar 2,66%  atau di bawah inflasi nasional yang mencapai 2,84%. 

Bahkan,  secara bulanan (month to month: April 2024 ke Mei 2024) mengalami deflasi sebesar 0,22% atau lebih rendah dari deflasi nasional sebesar 0,03%. Komoditas penyumbang inflasi secara year on year masih beras, emas perhiasan, bawang  merah, bawang putih, Sigaret Kretek Mesin (SKM). 

Berbagai upaya dilakukan oleh Pemprov Jateng untuk mengendaikan inflasi di wilayahnya. Dari sisi hulu, upayanya meliputi fasilitasi bantuan benih cabai, fasilitasi pupuk bersubsidi, sosialisasi gerakan menanam di pekarangan, dan Pembangunan green house dalam optimalisasi budidaya cabai. 

Baca Juga: Pemprov Jateng Pertahankan Opini WTP 13 Kali Beruntun

Dari sisi hilir, upaya yang dilakukan meliputi penyaluran beras Cadangan Pangan Pemerintah (CPP), pemberian subsidi pangan, Pelaksanaan Gerakan Pangan Murah  (GPM), penyaluran fasilitasi distribusi kepada  petani/gapoktan/pelaku pangan lainnya, Pengawasan penyaluran Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP), dan lainnya.

Pemprov Jateng juga membuat sejumlah inovasi program  dalam upaya pengendalian inflasi tahun 2024, di antaranya BUMD Jateng Peduli Inflasi,  inisiasi pembentukan ekosistem/distribusi cabai/bawang merah, business matching, perluasan area green house, penguatan early warning system harga komoditi, gerakan 1.000 petani peduli inflasi, kios TPID Pandawa Kita, dan sebagainya. 

Sementara itu, Presiden Jokowi menyampaikan, ucapan terima kasih kepada TPIP dan TPID yang telah berusaha keras untuk mengendalikan inflasi. Sehingga pada Mei 2024 lalu, inflasi nasional di angka 2,84%. 

"Ini merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Kalau kita ingat 9 - 10 tahun  yang lalu, inflasi kita masih diangka 9,6%. Dan atas usaha keras, kita berada di angka 2,84%," kata Jokowi.

20