Home Ekonomi Kementerian PUPR Lelang Pembangunan Tol IKN Bandara Sepinggan-Balsam Rp3,8 Triliun

Kementerian PUPR Lelang Pembangunan Tol IKN Bandara Sepinggan-Balsam Rp3,8 Triliun

Jakarta, Gatra.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mulai melelang pembangunan jalan tol Ibu Kota Nusantara (IKN) seksi 1B yaitu Tol Bandara Sepinggan - Tol Balsam dengan nilai pagu paket senilai Rp3,8 triliun.

Berdasarkan laman Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), sumber dana pembangunan tol tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Sesuai dengan rencana pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Provinsi Kalimantan Timur, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Kalimantan Timur membangun Jalan Tol Seksi 1B Bandara Sepinggan - Tol Balsam dengan output pembangunan jalan sampai perkerasan sepanjang km yang dapat meningkatkan aksesibilitas dan mobilitas dari Balikpapan menuju kawasan IKN,” tulis Kementerian PUPR dalam dokumen lelang dikutip Selasa (18/6).

Kementerian PUPR menetapkan massa atau jangka waktu keseluruhan pelaksanaan pekerjaan tahun 2024 hingga tahun 2025 atau selama 510 hari kalender. Dihitung sejak Tanggal Mulai Kerja sebagaimana ditetapkan dalam Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK).

“Waktu yang disediakan untuk menyelesaikan pekerjaan kecuali pelaksanaan pemeliharaan kinerja jalan dan jembatan,” jelasnya.

Adapun, PUPR juga telah menetapkan jadwal lelang proyek Tol seksi 1B tersebut akan masuk tahap prakualifikasi pada 19 Juni 2024. Lalu, pengumuman hasil prakualifikasi jatuh pada 28 Juni 2024.

41