Home Ekonomi Pembiayaan Syariah Indonesia Tumbuh 14,07% pada Mei 2024

Pembiayaan Syariah Indonesia Tumbuh 14,07% pada Mei 2024

Jakarta, Gatra.com - Bank Indonesia (BI) mengungkapkan bahwa, pengembangan ekonomi dan keuangan syariah (eksyar) di Indonesia terus menunjukkan pertumbuhan positif. Kemajuan tersebut perlu didukung dengan upaya memperluas akses pembiayaan antara lembaga keuangan syariah dengan pelaku usaha syariah, serta penguatan literasi dan inklusi keuangan syariah.

Deputi Gubernur BI, Juda Agung mengatakan, peran strategis Indonesia dalam mendorong kemajuan eksyar terutama penguatan ekosistem halal menuju Indonesia sebagai pusat industri halal dunia sudah mendapatkan pengakuan.

“Hal ini tecermin dari rilis State of Global Islamic Report 2023 yang menempatkan Indonesia pada peringkat ke 3 dalam Global Islamic Economy Score 2023,” kata Juda dalam keterangan resmi pada Rabu (26/6).

Juda menjelaskan bahwa, eskpansi eksyar dari sisi pembiayaan juga ditunjukkan oleh pertumbuhan pembiayaan syariah pada Mei 2024 yang tumbuh tinggi mencapai 14,07% (yoy). Nilai itu tinggi dari pembiayaan konvensional yang tumbuh 12,15% (yoy).

Juda juga menjelaskan bahwa, untuk meningkatkan porsi pembiayaan syariah ke depan diperlukan dukungan strategi yang difokuskan pada, yakni peningkatan inklusi melalui Project Charter, berbagai Business Matching akan dilakukan yang menyasar sektor ekonomi kreatif dan Pesantren (Islamic ecosystem).

Kemudian, peningkatan inovasi salah satunya melalui digitalisasi business matchingmenggunakan platformPembiayaan/Pendanaan Syariah Terintegrasi untuk pembiayaan komersial syariah dan platform SatuWakaf Indonesia Marketplace untuk pembiayaan sosial syariah.

Selanjutnya, yakni peningkatan inisiatif bersama melalui sinergi antarlembaga dan industri jasa keuangan syariah agar dampak yang dihasilkan dapat semakin besar bagi pengembangan keuangan syariah ke depan.

7