Home Politik Dewan Syariah Solo Minta MK Netral, Demo Sejam Hadirin 50 Orang

Dewan Syariah Solo Minta MK Netral, Demo Sejam Hadirin 50 Orang

Solo, Gatra.com – Gabungan ormas Islam 'Dewan Syariah Kota Solo (DSKS)' menggelar demonstrasi di depan Polresta Surakarta, Jumat (14/6). Mereka menyatakan aksi ini untuk mendukung Mahkamah Konstitusi (MK) supaya netral saat menggelar sidang sengketa pemilihan presiden.

Aksi ini dimulai di depan Polresta Surakarta pada pukul 16.30 WIB. Massa yang berjumlah sekitar 50 orang membentangkan spanduk mengelilingi sebuah mobil dengan pelantang suara. 

Baca Juga: Aksi 21 Mei Rusuh, Dewan Syariah Solo Demo Minta Wiranto Mundur

Di atas mobil ini, sejumlah orang berorasi. Sebuah mobil pengamanan Baracuda milik polisi pun berjaga di sisi timur Polresta Surakarta. Demo ini pun menyebabkan macet di Jalan Adi Sutjipto, Solo.

”Aksi ini kami lakukan sebagai dukungan pada MK agar proses peradilan berjalan transparan dan profesional,” ucap Humas Dewan Syariah Kota Surakarta Endro Sudarsono saat ditemui di sela aksi.

Hari ini, Jumat (14/6), adalah hari pertama sidang sengketa pilpres digelar. Pasangan calon presiden-wakil presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menggugat kemenangan paslon Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Baca Juga: Demo di KPU, Dewan Syariah Solo Sebut Pemilu 2019 Bencana Nasional

Menurut Endro, DSKS akan memantau sidang hingga dua pekan mendatang. ”Kalau sampai tidak netral, kami akan turun agar MK kembali ke rule (aturan) yang benar,” ucapnya.

Aksi diakhiri setelah satu jam dan mereka tidak melaksanakan salat Magrib berjemaah seperti aksi-aksi sebelumnya. ”Karena massa tidak banyak, kami akhiri sebelum Magrib,” ucap Endro.

 

 

 

381