Home Gaya Hidup Saloka Theme Park, Taman Hiburan Terbesar di Jateng

Saloka Theme Park, Taman Hiburan Terbesar di Jateng

Semarang, Gatra.com - Menteri Pariwisata Arif Yahya meresmikan Saloka Theme Park yang berada di Lopait, Tuntang, Kabupaten Semarang, Sabtu, (22/6) sore.Saloka merupakan taman hiburan pertama dan terbesar di Jawa Tengah dengan luas area lebih dari 12 hektare.

Menurut Arif, untuk menjadi destinasi yang menarik dibutuhkan 3 A:  atraksi, amenitas dan aksesbility. Apa saja atraksi yang menarik di Jawa Tengah, tentu saja Borobudur masih menjadi pilihan utama. Namun, Borobudur saja  belumlah cukup.  untuk memuaskan para wisatawan. Oleh karena itu perlu digarap kawasan Joglosemar atau Jogja Solo Semarang.

“Kita mendukung Kota Lama menjadi Unesco Heritage City, dan saya pun berharap Saloka Theme Park juga ikut mendukung itu karena dua destinasi saja tidak cukup” kata Arif saat peresmian.

Arif berjanji akan membantu pengembangan Saloka dengan cara menggandeng kapal pesiar yang singgah di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, agar wisatawan bisa mengunjungi Saloka. “Jawa Tengah sangat memungkinkan untuk mengembangkan potensi wisata ini karena mempunyai aksesibility yang bagus, di jalur udara ada tiga bandara yang siap di gunakan dan sedangkan di jalur darat  Jogja – Solo - Semarang  terhubung  jalan tol,” kata Arif.

Arif mengatakan, sebuah destinasi yang bagus harus di tempuh kurang dari 2 jam, sedangkan Saloka ini bisa di tempuh dari Semarang kurang dari 1 jam.

Menteri Lulusan Telematika di University of Surrey Inggris itu  mengemukakan, pariwisata adalah industri yang menjanjikan karena daerah-daerah yang menjadikan pariwisata menjadi leading sector, Pendapatan asli daerah (PAD)-nya cukup bagus seperti daerah Danau Toba di Sumatera Utara atau Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur.

“Industri pariwisata sebenarnya sangat mudah dan murah sehingga pada tahun 2019 dan 2020 yakin akan menjadi penyumbang devisa terbesar. Karena itu perlu di kelola dengan baik dan profesional” kata Arif.

Bupati Semarang Dr. H. Mundjir‘m, ES, SpOG, mengatakan, selama ini Kabupaten Semarang mengandalkan PAD  dari sektor pariwisata di kota berhawa sejuk itu. Munjirin berharap  kehadiran Saloka akan  mampu menghidupkan Kabupaten Semarang. “Mudah-mudahan Saloka semakin besar dan terus di bangun, bila perlu membuka akses ke Rawa Pening dan juga akses ke Bukit cinta” kata Munjirin.

 

 

1753