Home Milenial PPDB SMA di Purwokerto, Pukul 08.00 Sudah 200 Antrean

PPDB SMA di Purwokerto, Pukul 08.00 Sudah 200 Antrean

Banyumas, Gatra.com - Proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) online di sekolah menengah atas (SMA) di  Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, dimulai secara serentak, Senin (24/6). Ratusan orang tua dan calon siswa antre  untuk mengaktivasi token dan verifikasi berkas.

Dari pantauan Gatra.com di SMA Negeri 5 Purwokerto, antrean  terlihat di ruang aula sekolah sejak pagi. Bahkan, pukul 08.00 nomor antrean telah mencapai urutan 256.

"Tadi antre sejak jam 8 dapat nomor 256. Ini anak saya sudah masuk (ke aula)," ujar salah satu orang tua siswa, Sri Rahayu (47).

Warga Kelurahan Purwanegara, Kecamatan Purwokerto Utara ini menuturkan, sejak pagi antrean calon siswa sudah  banyak. Dia pun telah menunggu selama tiga jam.

Menurut Sri, proses PPDB tahun ini cukup membingungkan. Sebab, proses pendaftaran dalam dua tahap, yakni pembuatan token dan pendaftaran sekolah secara online atau datang langsung serta seleksi yang berdasarkan jarak dan zona.

"Yang penting berkasnya sudah disiapkan semua. Tinggal ikuti tahapannya saja," ujarnya.

Orang tua siswa lainnya, Herni Kuswati (39) mengaku mengantre sejak pukul 11.00. Namun, dia belum mengetahui nomor antrean putranya. "Orang tua tidak boleh masuk, hanya calon siswa. Jadi, saya tidak tahu dapat nomor (antrean) berapa," akunya.

Sekretaris PPDB Online SMA Negeri 5 Purwokerto, Endro Prasetyo Wibowo, mengatakan, panitia memberi batasan waktu sampai pukul 12.00 untuk pengajuan token. Hal ini bertujuan untuk mengurangi antrean pendaftaran.

"Hari ini kami hanya melayani yang sudah masuk ke ruang pendaftaran pukul 12.00. Yang sudah masuk dilayani. Lebih dari jam itu, dilayani keesokan harinya," katanya.

Endro mengatakan, jangka waktu pembuatan akun PPDB online untuk SMA berakhir pada 28 Juni 2019. Dengan demikian, calon siswa masih memiliki kesempatan untuk melakukan verifikasi berkas dan mengajukan token. Token tersebut digunakan untuk mendaftar daring mandiri dan sekolah yang dituju pada 1-5 Juli 2019.

Menurut dia, kuota daya tampung SMA Negeri 5 Purwokerto sebanyak 432 kursi. Jumlah tersebut akan diperebutkan oleh calon siswa saat pendaftaran PPDB dibuka 1-5 Juli mendatang.

 

959