Home Gaya Hidup Peminat SMK Negeri di Cilacap Membeludak

Peminat SMK Negeri di Cilacap Membeludak

Cilacap, Gatra.com - Calon peserta didik SMK Negeri pada penerimaan peserta didik baru (PPDB) wilayah Kabupaten Cilacap Jawa Tengah membeludak. Dari data laporan verifikasi berkas jumlah calon peserta didik melebihi  kuota.
 
Ketua Panitia UNBK SMA/MA/SLB Cabang Dinas Pendidikan Wilayah X Jateng, Yuniarso K. Adi, mengatakan, laporan berkas terverifikasi pada 27 Juni 2019 mencatat, jumlah calon peserta didik sebanyak 5.265 orang. Sementara  daya tampung dari 7 SMK negeri di Cilacap hanya 3.924 kursi.
 
"Jumlah yang membeludak ini sudah kami prediksi sebelumnya. Ada peningkatan calon peserta didik setiap tahun. Kali ini hampir dua kali lipat," kata Yuniarso kepada Gatra.com, Jumat (28/6) petang.
 
Dia mengatakan, jumlah calon peserta didik terverifikasi terbanyak terdapat di SMK Negeri 2 Cilacap sejumlah 901 siswa. Sementara daya tampungnya hanya 576 kursi. Paling sedikit di SMK Negeri Karangpucung dengan jumlah 634 peserta didik berbanding daya tampung 504 kursi.
 
Sebaliknya, jumlah calon peserta didik terverifikasi pada 18 SMA negeri di Cilacap lebih sedikit dibanding daya tampung, yaitu 4.651 peserta didik berbanding 5.400 kuota yang tersedia. "Artinya tahun ini peminat SMK Negeri meningkat tajam," katanya.
 
Dari data tersebut, Yuniarso memprediksi, sejumlah sekolah di Cilacap bakal mengalami kekurangan murid. Terutama untuk SMA negeri. 
 
Adapun Jumat (28/6) merupakan hari terakhir pengajuan token dan verifikasi berkas untuk wilayah Banyumas dan Cilacap. Sedangkan pendaftaran PPDB online akan diselenggarakan pada 1-5 Juli. 
1204